Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Ultah ke-49, Walikota Padang Dapat Kejutan dari Pramuka

Ultah ke-49, Walikota Padang Dapat Kejutan dari Pramuka
Walikota Padang H. Mahyeldi menyuapkan kue ulang tahunnya pada pramuka cilik. (Humas Pemko. Padang)
Senin, 28 Desember 2015 18:26 WIB
Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG - Lagi-lagi Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo mendapat kejutan pada hari ulangtahunnya ke-49. Kali ini seluruh pramuka se-Kota Padang merayakan ulangtahun Walikota dengan memotong kue di lapangan Lemdikada Padang Besi, Senin (28/12/2015). Meski ulangtahun Walikota telah lewat tiga hari, akan tetapi Pramuka se-Kota Padang tetap merayakannya. 

Usai membuka Jambore dan Pertemuan Pramuka Luar Biasa (PPLB) Cabang Tahun 2015, Walikota Padang selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Padang disuguhi kue. Melihat kue dengan lilin angka 49, Walikota terlihat tersenyum. Sambil diiringi lagu “Selamat Ulangtahun”, Walikota meniup lilin di atas kue tersebut. Usai itu, Walikota yang pada hari itu sedang melakukan puasa sunnah, memotong kue dan membagikannya kepada dua pramuka cilik.

Meski acara tersebut terbilang singkat, akan tetapi cukup berkesan bagi seluruh Walikota dan Pramuka yang hadir siang itu. Apalagi seluruh pramuka peserta Jambore dan PPLB yang hadir di Padang Besi tersebut akan diseleksi mengikuti Jambore Nasional nantinya.

Sementara itu, Walikota Padang dalam sambutannya pada Jambore dan PPLB Cabang 2015 mengatakan kegiatan tersebut diikuti anggota pramuka penggalang, termasuk juga anggota pramuka luar biasa dari sekolah luar biasa. Kegiatan itu diadakan selama lima hari, 27 hingga 31 Desember.

“Disamping itu juga mulai hari ini adik-adik akan dinilai dan diseleksi sebagai peserta Jambore Nasional pada Agustus 2016 di Cibubur Jakarta nanti,” ujarnya.

Jumlah peserta Jambore Nasional sebanyak 32 orang (4 regu) yang terdiri dari 2 regu putra dan 2 regu putri. Kemudian ditambah 16 peserta dari PPLB terdiri dari 1 regu putra dan 1 regu putri. “Karena itu diharapkan adik-adik bisa lolos dalam seleksi ini sebagai peserta Jambore Nasional, tentu dengan catatan adik-adik harus disiplin dan dapat mengikuti dengan baik seluruh kegiatan yang telah ditetapkan panitia,” sebut Walikota.

Dikatakan Mahyeldi, pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia anggota pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Pendidikan dan pembinaan kepramukaan merupakan tugas dan tanggungjawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

“Untuk itu melalui kesempatan ini saya minta kepada seluruh sekolah (pendidikan dasar sampai menengah), baik yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan maupun di bawah Kementerian Agama di Kota Padang agar mengaktifkan kembali gugus depannya dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan yang terencana, terarah dan berkesinambungan. Disamping meningkatkan kompetensi gurunya dibidang kepramukaan selaku pembina pramuka di gugus depan melalui pendidikan dan latihan Mahir Dasar dan Mahir Lanjut bekerjsama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang,” sebut Walikota.

Siang itu Walikota Padang juga mengunjungi kemah masing-masing peserta Jambore. Saat akan memasuki kemah, Walikota disambut dengan nyanyian dan tepukan, termasuk lagu ulangtahun. Walikota memasuki setiap kemah untuk kemudian mengisi daftar tamu dan berfoto bersama.

“Kita berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik, menjaga kesehatan, kekompakkan, meningkatkan prestasi dan menjadi anak bangsa berkarakter, karena adik-adik semua adalah calon pemimpin masa depan,” kata Mahyeldi menyemangati. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/