Home  /  Berita  /  Umum

Ketua DPD RI Irman Gusman Dorong Pembuatan Film Tentang Bung Hatta

Ketua DPD RI Irman Gusman Dorong Pembuatan Film Tentang Bung Hatta
Selasa, 22 September 2015 17:57 WIB
Penulis: .
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Rencana pembuatan Film Bung Hatta (Hatta The Movie, film layar lebar) adalah sebuah misi idealisme dalam rangka pembangunan karakter bangsa yang didukung oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman dan sejumlah pihak lainnya seperti sejumlah BUMN dan kalangan tokoh Minang di Jakarta dan Sumatera Barat.

Menurut Irman Gusman, dukungan terhadap pembuatan film ini melalui proses yang cukup panjang, yakni Setelah mengadakan beberapa kali pertemuan dan berdiskusi pada Maret sampai September 2015 dengan tim produser Film Hatta yang dipimpin Christine Hakim (tokoh perfilman nasional keturunan Minang dengan reputasi internasional), Erwin Arnada, Fathya, dll, serta dengan pihak keluarga dan pengurus Yayasan Proklamator Bung Hatta antara lain Prof. Dr. Meutia F. Hatta, Aizirman Djusan, dan Prof. Dr. Maizar Rahman pada bulan Mei, Juni, dan September 2015.

"Dukungan penuh Bapak Irman Gusman diberikan setelah Tim Produser Film Hatta melalui diskusi dan arahan Ketua DPD RI sepakat melakukan penyesuaian, koreksi, dan revisi atas seluruh rencana pembuatan film (organisasi, personal, skrip, skenario, dll) serta setelah mendengarkan aspirasi dan keinginan dari pihak keluarga dan Yayasan Proklamator Bung Hatta. Sehingga dengan demikian Film Bung Hatta akan digarap dengan sangat serius sebagai film sejarah yang berkualitas dan akan memberikan manfaat yang besar berupa keteladanan dan inspirasi dalam pembentukan karakter bangsa khususnya generasi muda saat ini dan ke masa depan," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPD RI Zul Evi Astar atas nama Ketua DPD RI Irman Gusman dalam rilisnya, Selasa (22/9).

Menurut Zul, rencana pembuatan Film Bung Hatta ini sudah dideklarasikan secara terbuka oleh Irman Gusman dalam dua kesempatan. Pertama, pada waktu buka bersama Ketua DPD RI dengan tokoh-tokoh Minang di Jakarta tanggal 27 Juni 2015 yang antara lain dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Sumatera Barat, Walikota Padang, serta pihak produser Christine Hakim, serta Aizirman Djusan dan Maizar Rahman dari Yayasan Proklamator Bung Hatta.

Kedua, pada saat buka puasa bersama Ketua DPD RI dan anggota DPD RI asal Sumatera Barat dengan pimpinan daerah dan tokoh masyarakat Sumatera Barat di Padang tanggal 7 Juli 2015 yang dihadiri pula oleh Gubernur Sumatera Barat, Ketua dan pimpinan DPRD Sumatera Barat, Walikota Padang, serta pihak produser yang dipimpin Ibu Christine Hakim.

"Dalam kedua pertemuan tersebut, semua pihak, khususnya pemerintah daerah dan pimpinan DPRD Sumatera Barat serta Walikota Padang menyatakan dukungannya atas pembuatan film sejarah tersebut," ujarnya.

Mengenai Surat Ketua DPD RI tanggal 8 September 2015 kepada Gubernur Sumatera Barat dan Bupati/Walikota se-Sumatera Barat perihal: Dukungan Pembuatan Film Bung Hatta, adalah bersifat rekomendasi/dukungan dan sudah dibicarakan secara lisan sebelumnya dengan Gubernur, Pimpinan DPRD Provinsi, dan Walikota Padang.

Dukungan dana diharapkan bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat dan APBD Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat agar pembahasan dan pertimbangannya dilakukan secara terbuka (transparan) melalui mekanisme pembahasan anggaran sesuai ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

"Apabila dukungan dana tersebut disetujui oleh Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, penggunaannya akan dikelola oleh suatu lembaga/yayasan sosial bekerjasama rumah produksi (PH) untuk memberikan tontonan gratis dalam bentuk nonton bareng kepada masyarakat dan generasi muda, mahasiswa dan pelajar di seluruh Sumatera Barat mengingat di Sumatera Barat saat ini tidak ada lagi gedung bioskop yang aktif memutar film. Dengan cara demikian, diharapkan misi idealisme membentuk dan membangun karakter bangsa dari misi pembuatan film ini akan dapat tercapai," imbuh Zul.

Sedangkan untuk proses produksi film ini, sampai saat ini berbagai pihak seperti BUMN, perusahaan, yayasan/lembaga sosial, maupun perorangan sudah banyak yang memberikan komitmen berupa dukungan dana maupun fasilitas.

"Demikianlah penjelasan ini dibuat, agar khalayak mendapatkan informasi yang sebenarnya," tutupnya.***

Sumber:merdeka.com
Kategori:Rantau, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77