Home  /  Berita  /  Pendidikan

Gelar Pelatihan Jurnalistik, Santri DFA Padang Jopang Siap Terbitkan Majalah Sekolah

Gelar Pelatihan Jurnalistik, Santri DFA Padang Jopang Siap Terbitkan Majalah Sekolah
Tim redaksi majalah Darul Funun.
Minggu, 27 September 2015 09:01 WIB
Penulis: .
LIMAPULUH KOTA, GOSUMBAR.COM - Bermodal tekad dan keinginan yang kuat untuk membekali diri dengan ilmu jurnalistik, santri Pesantren Darul Funun El-Abassiyaah (DFA) Padang Jopang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, menggelar Pelatihan Jurnalistik.

Kegiatan bertajuk "Sarana Pemantapan Jurnalis Andal” itu dilaksanakan di gedung kelas DFA, Sabtu (26/9).

Pelatihan berlangsung sehari penuh, diikuti 33 orang santri, ditambah panitia pelaksana. Materi jurnalistik diisi oleh Ketua Seksi Pendidikan dan Peningkatan SDM PWI Payakumbuh/Limapuluh Kota, Dodi Syahputra.

Para santri DFA sangat antusias mengikuti pelatihan, meski saat ini pesantren itu baru menghasilkan majalah dinding.

Usai pelatijan ini, sekolah yang terdiri dari jenjang MTs dan MA ini siap memproduksi majalah sekolah dengan dukungan Kemenag Limapuluh Kota.

”Alhamdulillah, animo para siswa sangat tinggi untuk belajar dan menguasai ilmu jurnalistik terapan. Sebenarnya teori jurnalistik yang sudah diperoleh para siswa di sekolah, tinggal dipakaikan di produk majalah ini,” ungkap Dodi Syahputra.

Kelompok I, usai diberikan pengayaan materi, ditugaskan meliput kondisi warung di sekitar sekolah. Hasil liputan anak sekolah ini ternyata rinci dan runtut.

Pemateri tinggal lagi menyusun ulang lead berita menjadi berunsur 5W 1H secara baik. Pun demikian dengan Kelompok 2, 3, 4, dan 5. Masing-masing kelompok dengan item penugasan masing-masing mampu mengadaptasi kegiatan di sekolahnya menjadi liputan jurnalistik.

Kepala Sekolah DFA Nasrullah SAg bersama majelis guru lainnya pun ikut mendampingi kegiatan para siswanya dari pagi hingga sore.

Pihak KUA Guguak, yang mewakili Kakan Kemenag Limapuluh Kota, mengatakan sangat mengapresiasi kegigihan dan semangat para siswa DFA. (mds)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/