Torehan Prestasi Kabupaten Limapuluh Kota 2015, Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

Kamis, 24 Desember 2015 10:16 WIB
Penulis: Fajar Rillah Fesky
torehan-prestasi-kabupaten-limapuluh-kota-2015-raih-penghargaan-kabupaten-sehat

DAHAGA prestasi yang dirasakan Limapuluh Kota dalam beberapa tahun terakhir mulai terobati. Setelah meraih Anugerah Media Humas 2015 dari Kemenkominfo atas penerbitan Tabloid Sinamar, kini Pemkab Limapuluh Kota meraih penghargaan Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan RI.

 gosumbarcom_p89kv_28.jpg

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek kepada Plh Bupati Limapuluh Kota, Yendri Tomas dalam acara Malam Anugerah Kota Sehat di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat malam (27/11). Ikut mendampingi Tomas dalam acara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Adel Nifiarman dan sejumlah pejabat.

“Alhamdulillah, untuk pertama kalinya kita mendapat penghargaan kabupaten sehat dari Kementerian Kesehatan. Ini merupakan bukti program dan kebijakan pemerintah daerah dalam bidang kesehatan, sudah menunjukkan pencapaian yang baik,” kata Yendri Tomas kepada Padang Ekspres akhir bulan lalu.

Tomas menyebut, Limapuluh Kota memperoleh penghargaan kabupaten sehat untuk kategori Pemantapan (Padepa).

“Penghargaan ini tentu tidak lepas dari dukungan masyarakat dan kerja sama seluruh stakholders, termasuk DPRD dan forum kabupaten sehat,” kata putra Nagari Koto Nan Ompek, Payakumbuh, itu.

Dia juga menyebut, Limapuluh Kota mendapat penghargaan kabupaten sehat, karena mulai fokus dan konsisten dengan konsep kota sehat. “Limapuluh Kota tidak hanya konsen pada pendekatan kondisi sehat dan problema sakit, namun juga melihat kondisi kesehatan jasmani dan rohani warga,” ujarnya.

Walau demikian, Tomas mengakui, konsep kota sehat yang diterapkan di Limapuluh Kota tidak sama dengan konsep Payakumbuh yang sudah berkali-kali mendapatkan kota sehat.

“Gerakan kota sehat itu berbeda-beda, tergantung permasalahan masing-masing. Namun, pendekatan yang digunakan tetap pendekatan proses ketimbang target,” ujar Tomas. (***)

gosumbarcom_ss7zn_27.jpg 

Foto : Plh Bupati Limapuluh Kota, Yendri Thomas menyerahkan penghargaan kepada Kepala Bappeda, Amran (atas) dan foto Bupati memegang penghargaan (bawah)   

Pembenihan Ikan, Limapuluh Kota Terbaik Nasional 

WAJAR jika Limapuluh Kota tahun 2015 disebut banjir prestasi, sejumlah penghargaan nasional mewarnainya. Usai dinobatkan  sebagai terbaik I Anugerah Media Humas (AMH) dan penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Padapa 2015, daerah ini juga sukses merebut juara 1 nasional lomba Kelompok Pembudidaya Perikanan (Pokdakan) kategori unit pembenihan rakyat 2015.

Penghargaan bergengsi dalam rangka hari Adibakti Mina Bahari (AMB) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu diraih Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Ingin Maju, Jorong Kayu Bajajar Padang Laweh Kenagarian Mungo Kecamatan Luak. Penghargaan itu mengantarkan Plh Bupati Limapuluh Kota, Yendri Thomas sebagai salah atu Kepala Daerah yang diundang ke Istana oleh Presiden RI, Joko Widodo, Jumat(1/12) lalu. 

Plh Bupati Limapuluh Kota, H Yendri Tomas SE, MM mengaku sangat bangga dengan kreatifitas dan prestasi Pokdakan ingin Maju, Nagari Mungo. Yendri Thomas berharap, pretasi itu bisa lebih memotivasi peternak ikan untuk lebih meningkatkan perikanan di daerah ini.

“Kita berharap predikat juara 1 ini dapat lebih meningkatkan perikanan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Apalagi daerah ini mempunyai potensi besar untuk pengembangan perikanan,” ungkap Yendri.

Apalagi ikan merupakan sumber protein yang menyehatkan dan diharapkan bisa membuat generasi lebih pintar. Sebab, ikan dipercayai mengandung omega 3 dan DHA yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak.“Nutrisi yang ada pada ikan sangat baik untuk anak-anak, terutama usia balita. Karenanya, kita ingin daerah ini terus mengembankan potensi perikanannya,” tutur Yendri.

Sebelumnya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Kabid Pengembangan Usaha Perikanan Nelti Hafn menyebutkan, Pokdakan Ingin Maju menjadi yang terbaik dalam berbagai aspek mulai dari aspek teknis, sosial dan ekonomis.“Selain mendapat piala dan piagam, Pokdakan Ingin Maju juga memperoleh tabanas sebesar Rp40 juta,” ujarnya.

Dikatakan, predikat yang direbut Pokdakan Ingin Maju ini merupakan yang pertama kalinya bagi wilayah Sumatera Barat. Selama ini juara pertama kategori unit pembenihan rakyat dalam rangka hari Adibakti Mina Bahari (AMB) ini selalau diambil Pokdakan di Pulau Jawa.

 Sebelumnya prestasi perikanan jugta pernah diraih Limpuluh Kota dengan mengondol juara pertama dalam lomba Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Sosa Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX dengan ikan larangannya. (***)

gosumbarcom_8h5ag_29.jpg 

Foto : Plh. Bupati Limapuluh Kota, Yendri Thomas saat diundang ramah tamah  dan audiensi oleh Presiden RI, Joko Widodo ke Istana Negara usai menerima penghargaan terbaik perikanan.     

DWP Kebanggaan Limapuluh Kota  

gosumbarcom_ndads_30.jpg Foto : Dharmawanita dan Plh Bupati memberikan santunan kepada anak anggota DWP saat peringatan HUT DWP Limapuluh Kota


SEBAGAI bagian penting yang tak terpisahkan dari kemajuan pembangunan daerah dan masyrakat, Dharma Wanita Persatuan (DWP) memiliki peran penting dan strategis. kegiatan abdi negara, pemikiran dan kebijakannya perlu dukungan kuat keluarga. Itulah salah satu peran penting DWP selain memotivasi terciptanya kegiatan-kegiatan sosial ekonomi dan pendidikan didaerah.   

Itulah pesan penting yang disampaikan, Plh Bupati Limapuluh Kota, Yendri Tomas,SE,MM pada acara puncak HUT DWP Kabupaten Limapuluh Kota ke-16 di aula Kantor Bupati Sarilamak, Rabu (16/12).

“Sebagai istri ASN yang mampu menghasilkan gerak seirama dalam karya pengabdian,serta menjadi organisasi yan dapat mendorong anggotanya untuk senantiasa mendukung kerja para suami sebagai ASN dan membangun keluarga yang harmonis” ujar Yendri Tomas.

Kedepan DWP diharapkan dapat membuat program –program yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat. Plh Bupati ini, sangat bangga dan mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan DWP. Mulai dari donor darah, Lomba solo song dan juga pemberian bantuan untuk anak-anak anggota DWP.

Ketua DWP Kabupaten Limapuluh Kota, Ny Eva Yendri Tomas mengatakan serangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam memperingatai Hut Ke-16 DWP antara lain Donor Darah, Lomba Solo Song dan juga pemberian bantuan untuk anak-anak anggota DWP.

Saat membacakan sambutannya Ketua Umum DWP Pusat dihadapan para undangan  yang hadir mengatakan DWP Persatuan dalam posisi sebagai peran serta Pemerintah dalam hut yang ke-16 ini akan selalu mendukung pemerintah melalui program kerjanya.

”Program kerja untuk mensejahtrakan anggota,keluarga ,dan masyarakat memiliki dampak ganda yaitu meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan ekonomi,social budaya dan politik,” ujar Ketua DWP Kabupaten Limapuluh Kota saat membacakan sambutan ketua Umum DWP Ny.Wien Ritola Tasmaya.

Ketua pelaksana Ny Fat Widya Putra melaporkan, tema HUT DWP “ peningkatan kualitas hidup perempuan menuju ketahanan keluarga” , kegiatan yang dilaksanakan adalah donor darah kerja sama dengan Dinas kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Limapuluh Kota."Ini merupakan kegiatan kemanusiaan untuk membantu sesama bagi yang membutuhkan,” ucap Fat. (***)

Nur Isnawati, Guru  Berprestasi Tingkat Nasional

 TOREHAN prestasi dalam dunia pendidikan di Limapuluh Kota, kali ini ditunjukkan dengan berhasilnya  guru TK Al-Husna Tarantang Nur Isnawati, sebagai guru sekolah terbaik. Buk Guru  ini menjadi wakil Sumatera Barat ketingkat Nasional.

Pelaksana harian (PLH) Bupati Lima Puluh Kota H Yendri Tomas, meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, untuk memberikan reward atau penghargaan kepada guru dan pengawas yang berprestasi.


“Jangan sampai mereka yang berprestasi tingkat nasional ini pergi ke Jakarta mewakili Sumatera Barat dengan lepas ayam  begitu saja,” ungkap Plh Bupati Yendri Tomas di hadapan Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, Radimas, ketika melepas secara resmi Nur Isnawati  bersama Pengawas berprestasi Asricun,S,Pd  di kantor bupati, Senin (16/11).

Yendri meminta Dinas Pendidikan benar-benar mensuport mereka yang berprestasi tersebut. Jangan sampai dinas lepas tangan dan membiarkan mereka tanpa mendapatkan dukungan apa-apa dari daerahnya.

“Yang seperti ini (prestasi, red) harus ada suport atau dukungan dari daerah, jangan malah mendorong prestasi-prestasi yang tidak jelas,” ulang Yendri sembari meminta pengawas dan guru berprestasi itu lebih meningkatkan ilmu dan wawasannya agar lebih percaya diri menghadapi penilaian tingkat nasional.

Plh Bupati berharap, untuk menjadikan prestasi ini moment untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta untuk mengetahui dimana kekurangan kita. Ilmu itu tidak saja dari orang lain, namun juga bisa digali dari berbagai sumber lainnya. "Untuk itu manfaatkanlah fasilitas teknologi informasi,” ujar Yendri.

Selain itu Yendri juga mengharapkan keduanya berbagi ilmu dan pengalaman dari mereka yang berpretasi tingkat nasional lainnya. Dengan memahami berbagai hal terutama terkait dengan bidangnya, ia yakin kedua wakil Sumbar ini akan mudah mempertahankan semua jawabannya dalam a dengan tim penilai tingkat nasional.

Menanggapi harapan Plh Bupati, Kadis Pendidikan Radimas menyebut pihaknya pasti akan mensuport pengawas dan guru berprestasi itu.

“Kita jelas mendukung mereka yang brestasi ini. Sebab, mereka sudah mengharumklan nama daerah dan diharapkan mampu memotivasi pengawas dan guru lainnya untuk ikut berprestasi pula,” ujar Radimas menjawab Sinamar. (***)

gosumbarcom_ppbnf_31.jpg

Foto : Plh Bupati Limapuluh Kota, Yendri Thomas, saat melepas secara resmi kedua orang guru dan pengawas berprestasi, Nur Isnawati dan Asricun  di ruang kerjanya  didampingi Kadis Pendidikan Radimas . 

Limapuluh Kota  Terima Penghargaan Satu Milyar Pohon

PEMERINTAH Kabupaten Limapuluh Kota  menerima penghargaan lingkungan hidup atas upayanya dalam menanam dan memelihara pohon secara berkesinambungan, dalam program menanam Satu Milyar Pohon.

Penghargaan Satu Milyar Pohon tingkat Provinsi Sumbar tahun 2015 ini diserahkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sumbar, Syafrudin kepada Plh. Bupati Limapuluh Kota H.Yendri Tomas,SE,MM, saat acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tingkat Provinsi Sumbar, di Bonjo Kabupaten Pasaman, Selasa (15/12).

Plh. Bupati Limapuluh Kota Yendri Tomas, saat dimintai keterangan terkait penghargaan yang diperoleh, menyampaikan sangat bangga atas capaian kinerja pemerintah bersama masyarakat yang telah bahu-membahu dalam mensukseskan program cinta lingkungan ini, kerena menurutnya program ini merupakan penyelamatan bumi dari dampak pemanasan global.

"Keberhasilan ini berkat upaya dan kepedulian seluruh komponen masyarakat akan pentingnya melestarikan pohon sebagai jantungnya kehidupan. Selain itu sebagai bukti cinta masyarakat Limapuluh Kota dengan pohon,” katanya.

Yendri Tomas, menjelaskan, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan terus kepedulian seluruh komponen masyarakat akan pentingnya menanam dan memelihara pohon untuk kelangsungan hidup dalam rangka meminimalisir dampak pemanasan global. (advertorial/tim)

 gosumbarcom_vbnbp_32.jpg

Foto: Plh Bupati Lima Puluh Kota Menerima Penghargaan Satu Miliar Pohon  

Editor:m. Siebert
Kategori:Limapuluh Kota, Pemerintahan

wwwwww