Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kota Padang Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Kota Padang Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha
Wako Mahyeldi menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Rabu (23/12/2015) siang tadi.
Rabu, 23 Desember 2015 19:35 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG – Kota Padang berhasil mempertahankan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN), setelah kembali meraih penghargaan bergengsi bidang tertib lalu lintas dan angkutan kota tahun 2015. Di Indonesia, hanya 5 kota meraih penghargaan WTN, yakni Pekanbaru, Surakarta, Denpasar dan Balikpapan.

Kepala Bagian Humas Pemko Padang, Mursalim mengatakan kepastian diperolehnya WTN berdasar surat dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, nomor KP 402 Tahun 2015 bertanggal 11 September 2015. Penghargaan WTN diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo dan diterima langsung Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

"Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (23/12/2015) siang tadi, tepatnya sekitar pukul 12.00 WIB," kata Mursalim.

Kota Padang meraih penghargaan WTN dipengaruhi beberapa poin penting. Adanya political will dari wali kota dan wakil wali kota Padang di sektor transportasi menjadi poin tersendiri. Kemudian, Kota Padang mampu mengaplikasikan program nasional angkutan berbasis massal, yang pada saat ini direfleksikan oleh pengoperasian Bus Trans Padang.

Instrumen lain yang menjadi kredit poin Kota Padang meraih WTN yaitu instrumen lalulintas lainnya sudah dilengkapi di sebagian besar ruas jalan di Kota Padang, termasuk diantaranya marka jalan, rambu-rambu, serta papan-papan informasi terkait dengan informasi lalulintas. Keempat, koordinasi yang lebih baik dengan jajaran kepolisian sebagai eksekutor tertib lalulintas dan angkutan di jalan raya.

Wako Mahyeldi, menurut Mursalim, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak atas perolehan penghargaan WTN. Wako menyebut, penghargaan WTN didapat berkat kerjasama aparatur di Pemko Padang dan dukungan seluruh masyarakat Kota Padang. (agb)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77