Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim: Keterbukaan Informasi Jaminan Pelaksanaan Pemerintahan yang Transparan

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim: Keterbukaan Informasi Jaminan Pelaksanaan Pemerintahan yang Transparan
Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim (kiri) saat menyerahkan piagam keterbukaan informasi publik
Rabu, 23 Desember 2015 00:26 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim menyatakan keterbukaan informasi publik merupakan jaminan pelaksanaan pemerintahan yang transparan. Sebab, dengan keterbukaan informasi, publik bisa berpartisipasi dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan.

"Keterbukaan informasi publik harus dibuka secara luas ke publik. Apalagi hal ini sudah diamanatkan dalam undang-undang. Mau tidak mau semua lembaga publik harus menjalankan amanah UU tersebut," kata Hendra dalam acara Penganugrahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi, Selasa (22/12/2015).

Hendra berkeyakinan, dengan keterbukaan informasi, publik memiliki ruang untuk berpartisipasi atas program badan publik. Masyarakat yang mendapat informasi, lanjut Hendra, secara sadar akan berperan aktif dalam program yang dijalankan lembaga publik terutama pemerintah daerah untuk kemajuan pembangunan di daerah tersebut.

Politisi Golkar itu juga mengingatkan, tidak semua informasi yang dibuka ke publik oleh pemerintah daerah. Hal ini bukan bermaksud menutup-nutupi informasi, akan tetapi lebih memperhitungkan kepentingan bersama.

"Harus disadari ada beberapa item informasi yang aksesnya tidak dibuka ke publik," Hendra.

Ketua DPD Golkar Sumbar ini mengajak seluruh lembaga publik baik pemerintah daerah, perguruan tinggi dan badan usaha agar mendorong keterbukaan informasi publik. Bahkan, sebagai Ketua DPRD Sumbar, dirinya akan mendorong Pemprov Sumbar menambah anggaran untuk operasional Komisi Informasi Publik. (agb)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/