Home  /  Berita  /  Hukum

Kapolda, Polisi Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Kapolda, Polisi Siap Amankan Natal dan Tahun Baru
Kapolda Sumbar Brigadir Jenderal Bambang Sri Herwanto.
Rabu, 23 Desember 2015 06:39 WIB
Penulis: Rino

PAYAKUMBUH- Libur hari raya Natal dan tahun baru segera datang,  kunjungan wisatawan kebeberapa daerah di Sumatera Barat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Brigadir Jendral Polisi Bambang Sri Herwanto mengaku siap, mengamankan hari raya natal yang jatuh Jum'at (25/12) lusa.

Selain siap mengamankan hari raya natal yang akan diselenggarakan ummat nasrani, Polda Sumbar dan 19 Polres di Kabupaten/Kota juga akan mengawal dan mengamankan jalannya penyambutan tahun baru 2016.

Menurut Kapolda, pengamanan ekstra ketat dilakukan di Bukittinggi, Padang serta Mentawai. "Di 3 daerah ini, jumlah gereja tergolong banyak," sebut Kapolda didampingi Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi, Minggu (20/12) saat berada di Payakumbuh.

Jauh hari dikatakan Kapolda Bambang, seluruh Kapolres di 19 Kota dan Kabupaten, sudah melakukan beberapa kali rapat koordinasi lintas sektoral. Begitu juga Polda Sumbar.

"Kita gelar koordinasi dengan Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) dan seluruh tokoh agama lainnya," tutur Kapolda yang datang ke Payakumbuh bareng Ketua Daerah Bhayangkari Ny Sinar Bambang.

Kapolda bertekad, akan mengawal pelaksanaan perayaan natal 2015 dan penyambutan tahun baru 2016 sebaik mungkin. "Operasi Lilin 2015 harus sukses dan tidak ada gangguan," tegas Kapolda.

Dia memerintahkan seluruh Kapolres dan Satuan terkait, melakukan deteksi dini dan menjalin koordinasi dengan pihak manapun. Terutama penyelenggara perayaan natal dan tahun baru.

Kapolda tidak menampik, dalam mengawal dua agenda pengamanan ini, pihaknya juga menerjunkan Stauan Brimob. "Iya, Brimob juga kita turunkan. Perbantukan. Kita menghimbau, seluruh masyarakat menjaga toleransi beragama," pungkas Bambang Sri Herwanto.

Sementara itu, Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi, Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani dan Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suropratomo mengaku sudah sangat siap, mengamankan perayaan natal dan tahun baru.

Tidak hanya berfokus di rumah ibadah, pengamanan natal juga dilakukan di pusat keramaian. "Patroli kita tingkatkan. Anggota kita siagakan terus di titik-titik keramaian. Termasuk di pusat perbelanjaan," sebut Tri Wahyudi.

Mantan Kapolres Limapuluh Kota ini menyebut, apalagi di Bukittinggi, pengamanan mesti diperketat. Sebab, sudah menjadi kebiasan, sebelum menyambut perayaan tahun baru, Bukittinggi sudah padat oleh pengunjung.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Hukum, Pemerintahan, Umum, Payakumbuh, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77