LIPUTAN KHUSUS PILKADA LIMAPULUH KOTA 2015

Pilkada Limapuluh Kota 2015 Sukses, Irfendi-Ferizal Raih Suara Terbanyak

Pilkada Limapuluh Kota 2015 Sukses, Irfendi-Ferizal Raih Suara Terbanyak
Kapolda Sumbar Brigadir Jenderal Bambang Sri Herwanto didampingiKapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suropratomo, Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani dan Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi
Selasa, 22 Desember 2015 08:05 WIB
Penulis: Fajar Rillah Fesky

PELAKSANAAN  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember  2015 di Kabupaten Limapuluh Kota berjalan sukses. Baik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat maupun  Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota  berjalan dengan baik, aman dan lancar sesuai tahapannya. Berikut tanggapan Kapolda Sumbar  Brigadir Jenderal Bambang Sri Herwanto, Plh.Bupati Limapuuh Kota H. Yendri Tomas,SE,MM, Kapolres Limapuuh Kota AKBP Bagus Suro Pratomo, Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, Ketua Panwas Pilkada Limapuluh Kota Novearnis dan Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota Ismet Ajannata, yang dilaporkan wartawan GoSumbar .com  dari Kabupaten Limapuluh Kota.

Kapolda: Jangan Terprovokasi, Mari Dukung Pasangan Terpilih Untuk Membangun Daerah

PAYAKUMBUH- Dengan memperhatikan pada potensi konflik yang terjadi,Polri sudah melakukan beberapa upaya agar Pilkada serentak 2015 Kondusif. Diantaranya, menyusun nota kesepakatan antara peserta Pilkada dengan kepolisian untuk menjaga agar Kamtibmas tetap aman dan kondusif selama pelaksanaan dan pasca Pilkada.

Kapolda Sumbar  Brigadir Jenderal Bambang Sri Herwanto mengatakan, Pemilihan kepala daerah secara langsung merupakan tatanan baru dalam proses pemerintahan hasil reformasi nasional sehingga pelaksanaannya perlu ada pengamanan secara baik dan terukur sesuai mekanisme kerja Polri. Dalam pelaksanaanpun dilakukan langkah-langkah koordinatif, sehingga keterlibatan seluruh komponen masyarakat aktif dalam menyukseskan pilkada.

“Ini kita lakukan agar Pilkada dapat berjalan  aman, damai seta berkualitas," kata Bambang Sri Herwanto, saat berkunjung ke Payakumbuh, Minggu (20/12).

Untuk Pilkada sumatera Barat,Kapolda mengaku ada dua daerah yaitu Pasaman dan Solok Selatan yang mengalami sedikit masalah dalam pelaksanaan pilkada, namun hal tersebut sudah ditangani secara baik dan kembali kondusif.

"Sudah kita tangani, alhamdulillah kembali kondusif." ujarnya.

Didampingi Kapolres Payakumbuh, AKBP Yuliani, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suro Pratomo dan Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi, Pasca Pilkada Limapuluh Kota, Kapolda menyebutkan sudah cukup kondisif. Tidak ada asap, kaca pecah dan darah menetes. Ketika hasil penghitungan oleh KPU selesai, hargai kemenangan pasangan calon peraih suara terbanyak karena itu legal suara masyarakat.

"Mari sama-sama kita hargai kemenangan para calon terpilih, karna itu legal pilihan masyarakat." sebutnya.

Ia menambahkan, untuk mengedepankan langkah-langkah demokrasi jangan gunakan masyarakat untuk melakukan interfensi serta provokasi untuk kepentingan sepihak maupun pribadi. Disamping itu Kapolda juga menghimbau kepada seluruh masyarakat daerah yang ikut dalam pilkada serentak 2015 khususnya Sumatera Barat, agar mendukung pasangan terpilih.

"Jangan terpancing dan jangan mau terprovokasi, dukung pasangan terpilih untuk sama-sama membangun daerah kearah yang lebih baik." Tambahnya menegaskan.***

gosumbarcom_bdrw3_16.jpg 

Bagus SO, Bangga Dengan Warga Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA- Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember kemarin, baik Pilkada bupati-wakil bupati kabupaten Limapuluh Kota maupun Pilkada gubermur-wakil gubernur Sumatera Barat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita sangat bangga dengan warga kabupaten Limapuluh Kota dalam berdemokrasi, buktinya, pelaksanaan Pilkada, mulai dari tahapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga ke tahapan pencoblosan dan penghitungan suara berjalan dengan sukses sesuai dengan harapan bersama,“ ujar Kapolres kabupaten Limapuluh Kota AKBP. Bagus Suropratomo Oktobrianto.S.IK.

Menurut Bagus SO, kebanggaan yang kita rasakan ini tentunya berkat kerjsama yang baik diciptakan oleh pihak penyelenggara dalam hal ini yaitu KPU bersama seluruh stakeholder dan pengamanannya yang langsung melibatkan Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, LSM serta masyarakat.

Buah kesuksesan Pilkada di 8 wilayah hukum Polres Limapuluh Kota itu yakni, kecamatan Pangkalan, Kapur IX, Harau, Guguk, Mungka, Suliki, Bukit Barisan dan Gunung Omeh tidak saja aman dan nyaman, bahkan juga tingginya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS menentukan pilihannya masing-masing. Ini terbukti Pilkada serentak di kabupaten Limapuluh Kota mencerminkan yang baik kepermukaan hingga mencapai 61,27 persen. Angka tersebut tentunya masuk dalam katagori sukses.

Berbicara terhadap pengamanan yang dilancarkan pihak Polres Limapuluh Kota, jauh sebelumnya kami sudah banyak melakukan sosialisasi dan menurunkan ratusan personil, baik itu ditempat-tempat kampanye Paslon maupun disaat berlangsungnya pencoblosan di masing-masing TPS. “Hingga kini dan seterusnya sampai ke tahap akhir, kita masih melakukan pengawalan ketat di KPU, dan diyakani akan berjalan adem-adem saja, ”ujar Kapolres Limapuluh Kota itu.

 gosumbarcom_xmtms_19.jpg

Yuliani : Tak Ada Asap, Tak Ada Kaca Pecah dan Tak Ada Darah Menetes

PAYAKUMBUH- Terpisah, Kapolres Kota Payakumbuh AKPB. Yuliani, SH mengatakan, prosesi Pilkada diwilayah hukumnya yakni kecamatan Lareh Sago Halaban, Luak, Situjuh Limo Nagori, Akabiluru dan Kecamatan Payakumbuh, Alhamdulillah dapat mencapai target, seperti apa yang disampaikan Polda Sumatera Barat.

Target Kapolda Sumatara Barat yang terealisasi dengan baik itu ada 3 hal yakni tidak ada asap, tidak ada kaca pecah dan tidak ada darah menetes, semua berjalan dengan aman dan dapat terkendali dengan baik, terima kasih kami ucapkan kepada seluruh elemen masyarakat, kerja keras dari semua pihak kami acungkan jempol.

“Pada intinya alhamdulillah pihak penyelenggara dan seluruh satakeholder bekerja benar-benar bertanggung jawab terhadap tufoksinya masing-masing. Dengan tidak cacatnya 3 hal tersebut, kami atas nama duo polres mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berhasil menciptakan Pilkada damai, “papar Kapolres Kota Payakumbuh. (***)

 	gosumbarcom_ldw9v_18.jpg

Plh.Bupati : Siapapun yang Menang Perlu Kita  Hargai!

SARILAMAK- Plh.Bupati Limapuluh Kota H.Yendri Tomas,SE,MM menghibau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota untuk terus menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan daerah. Siapapun yang terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati perlu dihargai dan kita dukung.

“Sebagai PNS atau ASN kita tetap menjaga netralitas, namun siapun yang menang perlu kita hargai . Kita juga berkewajiban untuk menjaga dan mengawal suara sementara tersebut sampai di tetapkannya kepala daerah terpilih oleh KPU Kabupaten Limapuluh Kota. Setelah ditetapkan dan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021, harus kita dukung apapun kebijakannya dalam upaya mewujudkan visi dan misinya yang pernah disampaikan ke masyarakat sewaktu masa-masa kampanye,” ujar Yendri Tomas, ketika apel pagi PNS di halaman kantor bupati di Sarilamak, Kamis (10/11).

Pada kesempatan itu, juga dikatakan, bahwa pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Limapuluh Kota berjalan lancar, aman dan terkendali. “Alhamdulillah sampai saat ini pelaksanaan Pilkada di daerah kita masih lancar, aman dan terkendali. Belum terdengar adanya keributan atau bentrok di tengah masyarakat kita sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada ini. Mari sama sama kita jaga kedamaian di daearah kita ini,”harapnya.

Menyinggung partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak-hak politiknya terutama untuk memberikan suaranya ke TPS-TPS., dikatakannya cukup tinggi. (***)

Panwaslu : Pilkada Lancar dan Tidak Ada Laporan Kecurangan

LIMAPULUH KOTA - Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Limapuluh Kota berjalan lancar dan belum ada laporan soal kecurangan. Pasangan nomor urut 1, Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan memperoleh suara terbanyak, sebagaiman ditetapkan dalam pleno KPUD  Rabu (16/12) lalu.

Ketua Panwaslu, Kabupaten Limapuluh Kota, Novearnis juga mengatakan, jalannya pencoblosan di wilayahnya berjalan lancar dan aman. “Sampai saat ini belum ada laporan kecurangan waktu pencoblosan dan penghitungan suara yang berakibat gagalnya peraih suara terbanyak untuk menjadi bupati dan wakil bupati Limapuluh Kota, begitu juga halnya dengan paslon Gubernur dan wakil gubernur peraih suara terbanyak, yakni Irwan Parayitno- Nasrul Abit untuk menjadi Gubernur-Wakil Gubernur,” katanya.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Limapuluh Kota, Politik

wwwwww