Home  /  Berita  /  Umum

Pemko Payakumbuh Beri Kado Ulang Tahun Buat IKM

Pemko Payakumbuh Beri Kado Ulang Tahun Buat IKM
Walikota Riza Falepi didampingi Kadis Koperasi, UMKM, Industri dan perdagangan, Dahler beserta Ketua Dekranasda Henni Yusnita serahkan bantuan mesin hand tractor
Senin, 21 Desember 2015 22:08 WIB
Penulis: M.Siebert
PAYAKUMBUH- Payakumbuh adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus, yaitu diatas indeks rata-rata nasional. Hal ini dapat dibuktikann dengan tingginya daya beli masyarakat serta semakin menggeliatnya roda perekonomian industri kecil dan menengah (IKM) di kota ini, dimana hasil produk mereka memiliki daya saing cukup tinggi dipasar lokal maupun nasional.

Apresiasi ini disampaikan Walikota Riza Falepi dalam pidato sambutannya pada acara penutupan Payakumbuh Fair 2015 di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Minggu  (20/12) sore. Acara  dihadiri  Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dahler, Ketua Dekranasda Hj. Henny Yusnita, Kabid Perindustrian Faizal, Kabid Perdagangan Mise, pimpinan SKPD, serta warga yang saat itu hadir di arena Payakumbuh Fair.

Selanjutnya Walikota Riza Falepi mengatakan Payakumbuh Fair adalah ajang promosi dan pengenalan hasil-hasil industri berskala kecil dan menengah di kota ini, supaya produk yang dihasilkan lebih dikenal lagi oleh masyarakat. Ajang seperti ini, hendaknya menjadi event yang lebih baik dan profesional lagi dimasa-masa yang akan datang, serta dapat menampung lebih banyak peserta dari pelaku IKM sendiri.

Disela-sela acara penutupan Payakumbuh Fair 2015, Walikota Riza Falepi serahkan sejumlah paket bantuan kepada para pelaku IKM berupa bantuan kemasan untuk lima IKM, bantuan sarana usaha perdagangan kepada 10 toko dan kedai, serta bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Hand Tractor kepada sembilan kelompok tani (keltan) se Payakumbuh.

Berikut daftar penerima bantuan kemasan produk: IKM Sahana, Evi, dan Neng Keke dari jenis usaha rendang, kemudian IKM Buked usaha minuman sari kedelai, dan IKM Vindari dari usaha bordir.

Kemudian paket bantuan sarana usaha perdagangan berupa Showcase Chiller (mesin pendingin), etalase kace berbagai ukuran, rak dinding panjang dan medium, timbangan digital, papan nama (plank atap dan neon box), rak mini market, dan meja kasir.

Paket bantuan ini diterima oleh 10 kedai yaitu : Kedai Adi Bersaudara (Zulhardi), Kedai Harian Mul (Ismul Azam), Kedai Ayah (Eli Yanis), Kedai Harian Roza  (Roza), Kedai Harian Pit (Pitra Wati), Kedai Harian Azizah (Darman), Kedai Harian Tuti (Mastuti), Kedai Harian Yur (Yurmalinas), Kedai Harian Nur (Nurhayati), dan Kedai Harian Daffa (Reni Novita).

Sementara bantuan Alsintan diterima oleh Keltan Tunas Mekar (Payakumbuh Timur), Parik Panjang dan Baliak Saiyo (Payakumbuh Barat), Sungai Lindiang (Payakumbuh Selatan), Berkah, Rawang Laweh, dan Makmur (Payakumbuh Utara), SDM dan Tanjuang Damai  (Latina).***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/