Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Menyambut Pilwako 2017, Partai Demokrat Mulai Panaskan Mesin Politiknya

Menyambut Pilwako 2017, Partai Demokrat Mulai Panaskan Mesin Politiknya
Pengurus Partai Demokrat Provinsi dan Kota Payakumbuh bersama ketua Partai Demokrat Sumatera Barat Joserizal
Selasa, 22 Desember 2015 23:25 WIB
Penulis: Rino

PAYAKUMBUH-Tinggal setahun lagi untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Payakumbuh. Namun geliat politik dan obrolan masyarakat untuk menyambut Pilwako tersebut mulai menjadi obrolan para tokoh dan pengamat politik diwarung kopi. Dalam hal itu, pengurus DPC partai Demokrat mulai menyusun mekanisme kerja dengan mengumpulkan seluruh kadernya. Partai berlambang bintang mercy mulai memanaskan mesin politiknya. Demokrat melatih 200 kader mulai tingkat ranting, cabang hingga anak cabang.

Pelatihan tersebut, digelar di Gedung Shago Bungsu 2, kawasan Kototuo, Harau, Limapuluh Kota, Rabu (16/12) dan Kamis (17/12). Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Josrizal Zain yang mantan Wali Kota Payakumbuh dua periode berturut-turut, hadir membuka pelatihan tersebut, bersama Ketua DPC Partai Demokrat Payakumbuh Eka Putra.

Dalam pelatihan kader tersebut hadir pula Ketua Devisi Pendidikan dan Pelatihan DPP Partai Demokrat Gondo Radityo Gambiro, bersama sejumlah anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar dan DPRD Payakumbuh. Diantaranya, terlihat Sabar AS, HM Nurnas, Surya Dharma, Adi Suryatama, dan Ridwan Sabirin. Disamping itu, hadir pula pengurus harian DPC Partai Demokrat Payakumbuh dan DPC Limapuluh Kota. 

Ketua DPC Partai Demokrat Payakumbuh Eka Putra kepada wartawan, Jumat (18/12) siang, mengatakan, pelatihan bagi 200 kader itu  bertujuan untuk memantapkan ideologi dan nilai-nilai dasar perjuangan Partai Demokrat. Sekaligus, bagian dari konsolidasi organisasi.

"Melalui pelatihan ini, kami ingin melahirkan kader-kader Partai Demokrat yang militan, mulai dari tingkat ranting, anak cabang, hingga cabang. Sehingga siap menghadapi berbagai tantangan," kata Eka Putra didampingi sekretaris Adi Suryatama dan bendahara Ennaidi Dt Angguang.

Mantan aktifis reformasi di Makasar ini menginformasikan, pelatihan bagi para kader  baru pertama kali digelar oleh DPC Partai Demokrat di Sumatera. "Kalau di Indonesia, untuk tahun ini, baru dua DPC yang menggelar pelatihan bagi kader. Yang pertama itu DPC Depok, yang kedua kita di Payakumbuh," ujar Eka Putra.

Dalam pelatihan ini, tukuk Eka, narasumber yang dihadirkan, termasuk HRG Radityo dan Josrizal Zain, memberi banyak pembekalan buat para kader. Termasuk, startegi pengembangan jaringan dan lain-lain. Selepas pelatihan, seluruh kader langsung mengikuti proses registrasi Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Demokrat secara online. 

"Seluruh kader yang ikut pelatihan, langsung terdaftar dalam KTA Online Partai Demokrat. Ini kita fasilitas secara serentak. Selain terdaftar, para kader itu nantinya akan membentuk kepengurusan baru, di tingkat RT dan RW. Untuk tingkat RT, kita namakan Anak Ranting. Sedangkan di tingkat RW, dinamakan cucu ranting," ujar Eka Putra.

Sementara itu, ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Josrizal Zain mengapresiasi pelatihan yang digelar DPC Partai Demokrat Payakumbuh. Dia berharap pelatihan serupa digelar oleh DPC lainnya. Sehingga setiap kader bisa memberi pencerahan dalam kehidupan kebangsaan yang merdeka, dengan tetap menjunjung tinggi semangat nasionalisme dan humanisme atas dasar ketaqwaan, dalam tatanan dunia baru yang demokratis.

Josrizal juga meminta minta para kader, agar tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan. Mengedepankan politik santun, seperti santuan mantan Presiden SBY. "Terkait dengan posisi Partai Demokrat. Jangan ragu, kita ini adalah partai penyeimbang. Berada diantara partai politik dan pemerintahan.Dengan penyeimbang, kita lebih independen," ulas Direktur Akkopsi itu.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Pemerintahan, Politik, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/