Home  /  Berita  /  Politik

Sang Inspirator: Jadi Gubernur Jangan Hanya Mengerjakan Rutinitas Semata

Sang Inspirator: Jadi Gubernur Jangan Hanya Mengerjakan Rutinitas Semata
Fauzi Bahar
Minggu, 20 September 2015 18:02 WIB
Penulis: Agip
PADANG,GOSUMBAR.COM - Calon wakil gubernur Fauzi Bahar menilai Provinsi Sumatera Barat dikarunia sumber daya alam yang beragam. Hanya saja kekayaan alam tersebut belum termanfaatkan secara maksimal. Selain itu, tantangan mengelola Sumbar tidak hanya mengandalkan anggaran APBD maupun APBN, dan harus mampu mendatangkan pihak ketiga yaitu investor.

Karena itu, menurut Fauzi, gubernur harus mampu memproyeksikan pembangunan Sumbar secara komprehensif dengan berpikir kreatif demi kemajuan masyarakat Sumbar. Kepala daerah siap menampung keluhan masyarakat. "Jadi gubernur tidak hanya mengerjakan rutinitas, meresmikan ini, melantik itu. Namun, jadi gubernur harus mampu melakukan suatu terobosan untuk membawa Sumbar lebih maju," kata Fauzi Bahar dalam berbagai kesempatan.

Menilai dirinya punya visi yang jelas, hal itulah yang mendorong Fauzi Bahar maju dalam pilkada 2015 berpasangan dengan Muslim Kasim. Lebih lanjut, cawagub dengan slogan "Sang Inspirator" ini mencontohkan, Sumbar saat ini memiliki potensi tambang berkualitas ekspor. Persoalan hari ini, tegas Fauzi, kita belum mampu mendatangkan investor. "Di sini lah peran gubernur apakah dia mampu mendatangkan investor atau hanya mampu beretorika politik semata. "Kita perlu pemimpin yang visioner," ungkap mantan walikota Padang ini.

Selain sektor pertambangan, Fauzi Bahar juga melihat sektor pariwisata mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Sektor pariwisata merupakan salah satu unggulan yang perlu pembenahan secara baik sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat.

Sisi lain, Fauzi Bahar berpendapat, seharusnya Pemprov Sumbar serius mengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang sudah banyak menyedot Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pejabat BUMD juga harus memiliki track record yang jelas dan diketahui oleh masyarakat Sumbar. Ke depannya, BUMD haruslah diisi orang-orang profesional baik dari internal BUMD, maupun dari luar yang dianggap mampu memimpin BUMD tersebut. (gib)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/