Home  /  Berita  /  Umum

Ingin Lihat Trotoar Dipenuhi 'Tanggul' yang Mengancam Pejalan Kaki, Datanglah ke Pekanbaru

Ingin Lihat Trotoar Dipenuhi Tanggul yang Mengancam Pejalan Kaki, Datanglah ke Pekanbaru
Seorang petugas kebersihan menyapu trotoar yang dipenuhi 'tanggul', di Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Jumat (18/12) pagi. (foto: hasan)
Jum'at, 18 Desember 2015 08:44 WIB
PEKANBARU - Trotoar sengaja dibangun di pinggir jalan untuk keselamatan dan kenyamanan para pejalan kaki. Ironisnya, di Jalan Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, Riau, trotoar justru mengancam keselamatan para pejalan kaki.

Sebab, trotoar di jalan protokol tersebut dipenuhi tanggul, sehingga pejalan kaki harus ekstra hati-hati bila tak ingin kakinya tersandung 'tanggul'.

Sejumlah warga mengaku tidak aman dan tidak nyaman melintas di trotoar tersebut sejak dipenuhi 'tanggul'. Apa lagi ketika mereka berjalan sambil membimbing anak-anaknya.

"Kita khawatir tersandung tanggul-tanggul yang dibuat melingkari pohon-pohon di pinggir jalan tersebut. Apa lagi kalau membawa anak-anak," ungkap Ilham, warga Marpoyan Damai, Jumat (18/12) pagi

Irma, warga Marpoyan Damai lainnya, juga mengaku merasa tidak nyaman melintas di trotoar tersebut sejak dipenuhi tanggul. "Kadang saya memilih tidak menggunakan trotoar, karena takut tersandung. Saya merasa lebih nyaman berjalan di aspal di pinggir jalan, apa lagi kalau jalan lagi sepi dan tidak becek," jelasnya.

Pantauan GoRiau.com Jumat pagi, sejumlah pejalan kaki terlihat melintas di trotoar Jalan Arifin Ahmad secara zig zag (berbelok-belok) untuk menghindari tersandung 'tanggul'.

'Tanggul-tanggul' di trotoar tersebut sengaja dibangun Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru untuk melingkari pohon-pohon yang ada di sepanjang trotoar. Tujuannya mungkin agar trotoar tersebut terlihat indah. Namun sayangnya, upaya menciptakan keindahan itu malah membahayakan keselamatan pejalan kaki.

"Untuk apa indah dipandang, kalau justru membahayakan keselamatan warga," sambung Irma.

Karena trotoar ditujukan untuk keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki, seharusnya trotoar bersih dari berbagai benda yang bisa berakibat mengganjal atau menyandung kaki pengguna trotoar. Begitulah lazimnya kondisi trotoar di berbagai kota.

Di kota lain, dipastikan sulit menemukan trotoar dipenuhi 'tanggul' yang sengaja dibangun. Nah, kalau ingin melihat trotoar dipenuhi 'tanggul' yang sengaja dibangun pemerintah, datanglah ke Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru.bas

Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/