Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
Internasional
3 jam yang lalu
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
2
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
2 jam yang lalu
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
3
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
2 jam yang lalu
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
4
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
1 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  Umum

Tim Gabungan Bersama Subdenpom Padang Razia Atribut TNI di Bukittinggi

Tim Gabungan Bersama Subdenpom Padang Razia Atribut TNI di Bukittinggi
Razia atribut TNI di Bukittinggi, Selasa (15 /9/2015)
Selasa, 15 September 2015 13:05 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Tim gabungan dari Polisi Militer Angkatan Darat dan Kepolisian Resor Bukittinggi, Selasa (15/9/2015) siang melakukan razia pemakaian atribut TNI yang sengaja dipakai masyarakat yang latar belakangnya bukan dari anggota satuan TNI dan Polri

Dansatlak Hartib Denpom Padang Kapten CPM Rio Kusuma mengatakan, razia ini dilakukan untuk menertibkan atribut TNI yang tidak berkompeten untuk memakainya.

Razia itu dilaksanakan pada dua lokasi, pertama di simpang tugu polwan Jl. Sudirman dan Simpang Empat Tanjung Alam.
 
“Puluhan personil TNI dan Polri, memeriksa satu persatu kendaraan yang menggunakan atribut TNI sebagai hiasan dan mainan maupun pemakaian stiker yang ditempel di beberapa bagian kendaraan,” terangnya.
 
Selain itu, menurut Rio Kusuma, tim juga memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, SIM, dan kelengkapan kenderaan terutama bagi anggota TNI maupun masyarakat umum.
 
“Meskipun tidak menemukan adanya pelanggaran yang cukup berarti, tetapi sebanyak 18 stiker dan miniatur atribut TNI berhasil disita, termasuk satu baju kaos dan satu jaket yang dimiliki masyarakat umum juga diamankan oleh tim, serta satu orang anggota  Kodim 03/04 Agam juga menjadi sasaran razia karena tidak memiliki atribut lengkap saat berkendara” tukasnya.
 
Khusus untuk pakaian dan atribut TNI menurut Rio, langsung disita dan amankan, dan untuk kelengkapan surat-surat kendaraan, penanganannya diserahkan kepada petugas dari Satlantas Polres Bukittinggi yang ikut bersama tim.
 
Rio Kusuma menambahkan, penegakan disiplin bagi anggota TNI yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke 70 tersebut, selain dilaksanakan oleh Denpom 1/4 Padang dengan melibatkan Subdempon di daerah, juga melibatkan Provos dari TNI dan Polri.
 
“Khusus untuk razia yang kami laksanakan di wilayah Subdempon 1/4-3 Bukittinggi ini, sebelumnya juga dilakukan koordinasi dengan Secata Kodim 0304 Agam dan Polres Bukittinggi. Sehingga, penindakan yang dilakukan bisa berjalan efektif,” ujarnya
 
Selain di Bukittinggi,  Rio Kusuma menyebutkan, juga telah dilaksanakan razia yang sama di sejumlah daerah seperti Kota Padang, Solok dan Padang Panjang. Selain pengguna jalan raya, juga akan melaksanakan razia di sejumlah tempat hiburan malam dan lokasi-lokasi lainnya.
 
"Jika kami menemukan adanya anggota TNI yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan maupun kelengkapan berkendara, maka akan langsung ditindak dan proses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, begitu juga yang melanggar jam dinas dan berada di kawasan-kawasan terlarang," tegasnya.
 
Rio Kusuma berharap, peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan penertiban itu, apalagi dalam kegiatan yang dilaksanakan dua gelombang tersebut, telah mampu mengungkap berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh personil TNI maupun pelanggaran yang dilaksanakan oleh masyarakat s9ipil.
 
"Kami akan terus melaksanakan razia, lokasinya tergantung koordinasi dengan masing-masing Subdempon dan lokasi yang kami anggap rawan sebagai tempat pelanggaran keamanan dan ketertiban," pungkasnya.(**)

Sumber:GoSumbar.com
Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77