Loading...
Home >  Berita >  Agam

Optimalkan Penyediaan Air Bersih, Pemkab Agam Sepakati MoU dengan Investor Jepang

Optimalkan Penyediaan Air Bersih, Pemkab Agam Sepakati MoU dengan Investor Jepang
Pemkab Agam sepakati MoU dengan Investor Jepang.
Selasa, 13 Oktober 2015 11:12 WIB
Penulis: jontra
AGAM, GOSUMBAR.COM - Guna peningkatan pelayanan penyediaan air bersih PDAM dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM), Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, melakukan kerjasama dengan PT. Afcotama Firstimdo dari Negara Jepang

Perjanjian kerjasama tersebut dilakukan melalui penandatanganan MoU yang ditandatangani secara simbolis oleh Bupati Agam yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Mulyadi dengan Direktur Utama PT. Afcotama Firstimdo Aris Firman bersama pendiri, pemilik PT. Afcotama Firstimdo Yuji Samaru, dan didampingi oleh Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Agam Hendri G, di Kantor Bupati Agam, Senin (12/10/2015).

"Hal ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia berkelanjutan," kata Mulyadi.

Mulyadi mengatakan, keberadaan investor di Agam sangat membantu untuk memaksimalkan dan menggali potensi alam yang dimiliki Kabupaten Agam, sehingga pembangunan tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat secara berkelanjutan natinya.

"Kita berharap kepada unit satuan kerja perangkat daerah bisa mendukung dan menindaklanjuti program kerjasama ini, agar pembangunan ini secepatnya terealisasi dan secepatnya juga dimanfaatkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Afcotama Firstimdo, Aris Firman mengatakan, sebelum melakukan kerjasama, pihaknya juga sudah melakukan penelitian selama satu tahun guna melihat potensi sumber air yang bisa digali.

"Kami melihat Agam sangat berpotensi untuk dijadikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro apalagi terhadap pasokan penyediaan air bersihnya sangat memadai sekali, didukung juga dengan jumlah penduduknya yang cukup banyak," urainya.

Menurut Aris Firman, untuk penyelesaian pembangunan perjanjian kerjasama selama 20 tahun ini akan terealisasi secepatnya. "Namun kita sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat setempat untuk mempermudah prosesnya," harapnya. 

Berdasarkan penelitiannya, pengolahan air bersih ini akan di buat di Siguhung dengan memanfaatkan air Batang Silasuang. Sementara, untuk pembangunan PLTM masih dalam proses tahap penelitian.

Saat dimintai keterangan, Dirut PDAM Agam, Eryanson, mengatakan terjalinnya kerjasama ini sangat membantu pihaknya dalam memenuhi kebutuhan penambahan penyediaan air bersih, mengingat saat ini persediaan air tidak seimbang dengan kuota masyarakat Lubuk Basung dan Tiku.

"Kita sangat terbantu adanya kerjasama ini, karena pasokan jumlah air bersih yang tersedia, kita baru sanggup menampung 50 persen dari jumlah penduduk,”ujarnya.(**)

Kategori : Agam, Pemerintahan

Loading...
www www