Home  /  Berita  /  Ekonomi

Ganepo Citra Minang Tembus Pasar Asia Tenggara

Ganepo Citra Minang Tembus Pasar Asia Tenggara
Ganepo Citra Minang
Kamis, 17 Desember 2015 20:10 WIB
Penulis: Rino

LIMAPULUH KOTA- Keberadaan singkong menjadi makanan yang mampu hadir diseluruh kalangan. Namun, di Jorong Padang Kandi, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, salah satu dapur olahan singkong tersebut mampu mengolah puluhan ton ubi. Bahan ubipun diperoleh dari beberapa petani di Kecamatan Guguak yang di beli dengan harga Rp.2000 - 3000/kilogram. 

 

Olahan ubi yang di beri nama Ganepo tersebut, diracik dengan bumbu rempah alami, tanpa pewarna dan pengawet. Diolah dengan menggunakan beberapa buah tungku beserta penggorengan besar yang di disain sendiri oleh pemilik usaha tersebut.

Proses pengirisan serta pemotongan yang dilakukan puluhan karyawan tidak memerlukan waktu lama. Aroma memikat yang muncul dari campuran racikan bumbu rempah pada penggorengan mengisyarakatkan kegurihan serta nikmatnya keripik ganepo yang di piloti oleh Usmardi Jimad. Usaha tersebut mampu memproduksi ganepo siap kosumsi sebanyak lima ton perminggu.

Citra Minang, begitu nama yang diberikan oleh bapak berusia 50 tahun tersebut. Usaha ini dimulai semenjak tahun 2010 namun sudah mampu menembus pasar Asia, seperti Malaysia dan Thailand. Untuk Indonesia sendiri, Usmardi sudah memiliki pemesan hampir diseluruh nusantara.

"Alhamdulillah pesanan kita selalu ada dari dalam maupun luar negeri." ungkap Usmardi.

Ia mengatakan, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai tahun 2016 mendatang, Ganepo Citra Minang sudah berbenah diri untuk menghadapi pangsa pasar tersebut. Pembenahan serta mengikuti perkembangan untuk mempertahankan produksi selalu dilakukan. "Kita siap untuk menghadapi MEA," katanya.

Mengenai alat produksi, Usmardi mengaku masih menggunakan alat manual sebagai penunjang usahanya. Ia berharap pemerintah setempat agar dapat memperhatikan usaha kecil dan menengah (UKM) ini.

"Saya berharap pemeritah dapat memperhatikan usaha kami ini, untuk menghadapi MEA, sudah barang tentu perlu campur tangan pemerintah," pungkas Usmardi.

Selain sukses dalam usahanya, Usmardi juga sukses merangkul anak muda agar terjauh dari berbagai kegiatan negatif dengan mendirikan Club olahraga Bola Volly  yang diberi nama Ganepo Citra Minang. Dibawah binaan Ronald Akhyar yang ditunjuk langsung oleh Usmardi club ini banyak meraih prestasi disetiap pertandingan yang diikuti. ***

 

Editor:M.Siebert
Kategori:Limapuluh Kota, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/