Home  /  Berita  /  Olahraga

Etape 9 Tour de Singkarak, Hari Ini Jalan di Kota Padang akan Ditutup Cukup Lama

Etape 9 Tour de Singkarak, Hari Ini Jalan di Kota Padang akan Ditutup Cukup Lama
Tour de Singkarak
Minggu, 11 Oktober 2015 11:00 WIB
Penulis: .
PADANG, GOSUMBAR.COM - Hari ini, Ahad (11/10/2015), Tour de Singkarak memasuki etape terakhir. Sebelum finish, para pembalap akan melakukan sprint sekeliling Kota Padang. Diperkirakan ruas jalan di Kota Padang akan ditutup selama 5 jam.

Karena itu warga Kota Padang diminta bersabar dan diimbau tak melewati sejumlah rute jalan yang akan dilewati pebalap Tour de Singkarak etape 9.

Jika tak ingin terjebak macet karena jalan dihambat, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) mengimbau warga tak beraktivitas di luar.

Kepala Dishubkominfo Kota Padang Rudy Rinaldy, Jumat (9/10) mengatakan, estimasi penutupan jalan di ruas jalan yang dilewati pembalap adalah selama lima jam.

Pebalap bakal melakukan sprint keliling Kota Padang, dari Pantai Padang ke Kampus Unand, Limaumanih. Warga yang akan melakukan aktivitas di rute pebalap ini sebaiknya menahan diri atau tidak melalui jalur ini. Karena, jika dipaksakan juga dipastikan bakal terjebak berjam-jam.

”Sekitar 5 jam jalan ditutup. Pada Etape 9, start di Kota Padangpanjang, dan finish di Kota Padang dengan panjang rute 148,6 kilometer. Kita memperkirakan pebalap akan masuk Kota Padang sekitar pukul 12.00, karena mereka start di Padangpanjang pukul 11.00 WIB. Karena itu, penutupan sudah dilakukan sejak pukul 11.00 siang,” ungkap Rudy.

Diakui Rudy, penutupan jalan pastinya akan membuat warga tidak nyaman, karena jalan yang ditutup cukup lama. Hal ini juga terjadi ketika Etape I dan II, pada Sabtu dan Minggu pekan lalu.

Warga banyak mengeluh dan teraniaya karena jalan ditutup berjam-jam. Warga tidak tahu, karena sosialisasi yang kurang.

”Harus kita akui banyak warga yang belum tahu tentang rute yang dilalui pembalap ini. Dishubkominfo mencoba untuk mensosialisasikan rute ini melalui imbauan di angkot dan juga Trans Padang. Yah, sekali lagi kita minta kesabaran dan dukungan dari warga. Karena iven internasional ini hanya sekali setahun. Jadi harus didukung semua pihak,” ulas Rudy.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang Dian Fakhri, mengatakan pembalap TdS akan bergerak dari garis start di Padangpanjang pada pukul 11.00 Wib. Estimasi seluruh pembalap akan memasuki pusat Kota Padang sekitar pukul 12.00 WIB.

”Karena itu ruas jalan yang akan dilalui pembalap akan ditutup satu jam sebelum pebalap masuk pusat kota,” terang Dian.

Ditutupnya jalan sejam sebelum pembalap masuk pusat Kota Padang, diharapkan seluruh warga memahami dan menghindari jalur yang akan dilewati pebalap. Sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan dan macet berkepanjangan.

”Demi kelancaran kita harapkan warga memahami hal ini dan sebaiknya tidak dulu berkendara sebelum TdS usai,” kata Dian.

Jalan yang akan dilalui pembalap TdS di area Kota Padang adalah, Tabing – Simpang DPRD Sumbar – Masjid Raya (jalan Khatib Sulaiman) – Simpang Bypass – Simpang Katapiang – gerbang Universitas Andalas – gedung Matematika Unand – Simpang Bypass – Jalan Bagindo Aziz Chan – Hotel Grand Zuri – Polsek Padang Selatan – Jembatan Siti Nurbaya – jalan Samudera Pantai Padang. ***

Sumber:indopos.co.id
Kategori:Padang, Olahraga
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77