Loading...

Difasilitasi AZ4N, 11 Pasutri di Ampalu Gelar Nikah Massal

Difasilitasi AZ4N, 11 Pasutri di Ampalu Gelar Nikah Massal
Selasa, 15 September 2015 19:51 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
LIMAPULUH KOTA, GOSUMBAR.COM - Sebanyak 22 orang warga Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, mengikuti pernikahan massal, di Pengadilan Agama Payakumbuh, Selasa (15/9/2015).

Acara nikah massal ini, difasilitasi oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati Limapuluh Kota nomor urut 4 Azwar Chesputra-Yunirwan Khatib (AZ4N). "Benar, tadi acara sakral itu berlangsung," kata Koordinator Tim Pemenang AZ4N, H. Edward Idrus, SE Dt Dirajo.

H Edward Idrus, juga menjelaskan bahwa 22 orang warga Ampalu, Lareh Sago Halaban, sebelumnya sudah tercatat sebagai 11 pasangan suami istri (pasutri). Hanya saja, mereka baru menikah di bawah tangan (nikah siri). Mereka ini tidak punya biaya, jadi 11 pasutri ini belum memiliki administrasi pernikahan.

Dengan difasilitasi oleh Azwar Ches dan Yunirwan Khatib, mereka dinikahkan secara masal, karena menurut AZ4N masalah tersebut tidak bisa disepelekan. "Masyarakat mestinya mendapatkan jaminan administratif kependudukan, pernikahan massal ini sebenarnya tanggungjawab Pemerintah, tapi kita mulai dari sekarang," imbuh Edward.

Pengusaha yang sukses di Riau ini mengaku, pasangan AZ4N tidak akan main-main dalam menjamin administratif kependudukan.

"Karena pondasi pembangunan, mesti duduk dulu dari situ (administrasi kependudukan,-red)," sambungnya.

Diakui Edward Idrus, dalam menghadapi pilkada serentak 9 Desember mendatang, Azwar Ches dan Yunirwan Khatib yang diusung oleh Koalisi Limapuluh Kota Sepakat, gabungan antara Partai Golkar, Demokrat, Hanura, PBB dan PKS, sudah menyepakati, melakukan politik santun dan tidak menebar janji muluk-muluk.

"Kalau berjanji itu, semua orang bisa, dan mudah mereka melupakan, tapi kami tidak akan berjanji banyak. Apalagi, tahapan kampanye juga belum masuk, hanya saja, kami akan melakukan aksi yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat dan bermanfaat. Sebab sesama manusia, kita harus menebar manfaat," tutur Edward Idrus.

Ditanya berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk menjembatani pernikahan massal 11 pasutri asal Ampalu, Lareh Sago Halaban tersebut, Edward Idrus justru engggan memberitahunya.

"Tadi sudah kami sampaikan, kami tidak sedang berpolitik, semata-mata membantu kaum lemah, soal biaya biarlah kami dan yang maha kuasa saja yang tahu," tukasnya.

Aksi peduli pasangan cabup-cawabup AZ4N melalui Koordinator Tim Pemenangnya ini, diapresiasi masyarakat Ampalu.

"Jujur saja, ini sebuah kegiatan yang luar biasa, kepedulian pak Azwar, kami do'akan dibalas Allah SWT berlipat ganda," kata Walinagari Ampalu, Munasri Dt Pangulu Kayo. (dnl)


Loading...
www www