Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Angkatan Laut dari Puluhan Negara akan Latihan Bersama di Padang dan Mentawai

Angkatan Laut dari Puluhan Negara akan Latihan Bersama di Padang dan Mentawai
ilustrasi
Kamis, 15 Oktober 2015 11:01 WIB
Penulis: .
BALI, GOSUMBAR.COM - TNI Angkatan Laut menggelar Mid Planning Conference (MPC) di Bali untuk persiapan kegiatan International Fleet Review (IFR) 2016, 2nd Multilateral Navsl Exercise Komodo (MNEK) 2016, dan 15th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) 2016 yang nanti akan digelar di Padang dan Mentawai.

Acara ini dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Widodo. Acara yang berlangsung pada 15-16 Oktober 2015 adalah bagian dari persiapan kegiatan yang merupakan kelanjutan dari kegiatan Initial Planning Conference (IPC) di Jakarta, pada Juni 2015 lalu yang diikuti oleh 24 negara.

"Kegiatan MPC di Bali ini akan membahas mengenai perencanaan latihan multilateral Komodo 2016 pada bukan April 2016 mendatang di Padang dan Kepulauan Mentawai," kata Wakasal, Kamis (15/10/2015).

"Latihan Angkatan Laut dari negara-negara berbeda historis ini akan bekerjasama dalam skenario latihan, mulai dalam misi bantuan kemanusiaan serta rencana latihan dalam maritim," sambung dia.

Setelah MPC di Bali, akan dilaksanakan Final Planning Conference (FPC) di Padang pada 2-4 Februari 2016. Ini merupakan persiapan akhir sebelum pelaksanaan Komodo Exercise 2016.

Sementara pertemuan di Bali kali ini sedianya dihadiri oleh 34 negara, tapi tiga negara tidak hadir yaitu Kenya, Myanmar, dan Tonga.

"Komodo Exercise atau Multilateral Naval komodo Exercise ini merupakan latihan multilateral yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini direspons oleh negara-negara kawasan dan dunia," tambah dia.

Komodo Exercise 2016 mendatang akan diikuti oleh negara-negara anggota Western Pacific Naval Symposium (WPNS), yaitu sebuah forum pemimpin angkatan laut negara kawasan Pasifik, juga anggota dari Indian Ocean Naval Symposium (IONS) serta negara sahabat.

Komodo Exercise 2016 juga dirangkai dengan International Fleet Review, di mana kapal-kapal negara peserta akan lego jangkar di perairan Teluk Bayur.  ***

Sumber:kompas.com
Kategori:Kepulauan Mentawai, Pemerintahan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77