Home  /  Berita  /  Politik

Tanpa Alasan, Dua Pasangan Calon Tak Hadiri Ikrar Pilkada Damai

Tanpa Alasan, Dua Pasangan Calon Tak Hadiri Ikrar Pilkada Damai
Rabu, 09 September 2015 19:58 WIB
Penulis: Derizon Yazid
PADANG, GOSUMBAR.COM - Dua pasang calon kepala daerah dari dua kabupaten/kota di Sumbar yang tidak menghadiri ikar kampanye damai yang digelar KPU di halaman kantor Gubernur Sumbar, Rabu (9/9/2015).

Saat penandatangan ikrar kampanye damai tidak terlihat dua pasang calon kepala daerah tersebut. Mereka adalah pasangan nomor urut 1 dari Kabupaten Solok, Gusmal-Yulfadri Nurdin, dan pasangan nomor urut 2 Kabupaten Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus-Ilson Cong.    

Selain itu juga tak hadir saat penandatanganan ikrar, calon Bupati Pasaman Yusuf Lubis , calon Wakil Bupati Pasaman Barat Kartuni, serta calon Bupati Agam Indra Catri.

Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Agus Catur Rianto mengatakan, KPU telah mengundang semua pasangan calon kepala daerah untuk menghadiri ikrar kampanye damai.

"Undang telah diberikan, agar para calon kepala daerah untuk dapat menghadiri serta melakukan tandatangan ikrar Pilkada damai yang digelar KPU," katanya.  

  Ia mengaku tidak tahu kenapa sejumlah paslon itu tidak hadir dan tak ikut menandatangani ikrar Pilkada damai. Padahal ikrar tersebut agar terciptanya Pilkada yang damai dan kondusif. 

"Intinya untuk sama-sama mentaati aturan dalam Pilkada serentak, kemudian tidak akan saling menjelekan dalam kampanye," jelas Agus Catur Rianto.

Selain ikrar Pilkada berintegritas oleh para pasangan calon, lanjut Agus Catur Rianto, juga dilakukan penandatangan ikrar kampanye damai, penandatanganan MoU KPU Provinsi dengan Polda, Bawaslu, KPID dan Komisi Informasi (KI) Sumbar, serta launching DPS. (dry)

wwwwww