Home  /  Berita  /  Peristiwa

Lagi, Hari Ini dan Besok 8 Kapal Asing Pencuri Ikan Ditenggelamkan

Lagi, Hari Ini dan Besok 8 Kapal Asing Pencuri Ikan Ditenggelamkan
Penenggelaman kapal asing pelaku Ilegal Fishing.(net)
Senin, 19 Oktober 2015 11:35 WIB
Penulis: GoSumbar.com
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Guna memberi efek jera bagi para pelaku Ilegal Fishing di perairan Indonesia, hari Ini dan besok, 19–20 Oktober 2015 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali akan menenggelamkan delapan kapal pencuri ikan di tiga titik, yakni Aceh, Batam, dan Pontianak.

Seluruh kapal – kapal yang akan ditenggelamkan itu merupakan kapal yang tertangkap oleh KKP maupun TNI AL dalam patroli pada bulan Maret dan Juni 2015. Kapal tersebut dirampas untuk ditenggelamkan sesuai dengan amanah Undang – Undang.

Menurut Mahkamah Agung, KKP dapat menenggelamkan kapal tangkapan selama kapal tersebut belum dilaporkan atau diajukan ke pengadilan. Kapal-kapal tersebut diantaranya dua kapal berbendera Thailand dan enam kapal berbendera Vietnam.

“Untuk mempercepat mata rantai ini dan memang semangat pertama pemerintahan Jokowi itu untuk langsung penenggelaman sesuai dengan amanah undang – undang,” ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Ia juga mengungkapkan penangkapan kapal tanker MT. Galuh Pusaka dan MT. Mascott II.

Keadaan kapal Tanker MT. Galuh Pusaka saat ditemukan di perairan Tarempa, Anambas Kepulauan Riau pada tanggal 30 Juni 2014 dalam keadaan tanpa awak dan ruang mesin yang tidak berfungsi.

“Kapal ini diduga melakukan phantom ship dengan tujuan untuk mendapatkan klaim asuransi perusahaan. Sedangkan kapal MT. Mascott II ditangkap di Laut Cina Selatan karena diduga membawa muatan bahan bakar minyak tanpa dilengkapi dokumen yang sah. Saat ditangkap MT.Mascott II membawa solar sebanyak 253 ton”, tandas Susi.(**)

Sumber:kkp.go.id
Kategori:Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/