Home  /  Berita  /  Umum
Kompetisi Bintang Radio Indonesia dan ASEAN di LPP-RRI Bukittinggi

Fani dan Yogi Wakili Bukittinggi ke Tingkat Nasional

Fani dan Yogi Wakili Bukittinggi ke Tingkat Nasional
Fani dan Yogi
Rabu, 09 September 2015 13:17 WIB
Penulis: Gosumbar.com
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Setelah melalui seleksi ketat hingga ke babak final, akhirnya Yogi Astra dan Fanny Firginia Aura lolos ke Kompetisi Bintang Radio Indonesia dan ASEAN tingkat nasional yang berlangsung di Auditorium RRI Bukittinggi, Selasa (8/9/2015).

Yogi Astra asal Bukittinggi dinobatkan sebagai juara pertama lagu pop Indonesia kategori dewasa putra dengan perolehan nilai 2.380, disusul Faisal Azmi yang juga dari Bukittinggi dengan perolehan nilai 2.160 pada urutan kedua. Untuk di urutan ketiga ditempati Gian Fadila asal Payakumbuh, dengan perolehan nilai 2.100.

Sementara untuk juara lagu pop Indonesia kategori dewasa wanita, Fanny Firginia Aura asal Payakumbuh yang berada di peringkat pertama berhasil meraup angka 1.980. Hasil tersebut terpaut tipis dari Erin Ashari asal Padangpanjang yang berada di peringkat kedua, dengan torehan nilai 1.975. Sementara Sutera Dipha Ferdinan asal Bukittinggi harus puas berada di peringkat ketiga, karena hanya mampu mengumpulkan nilai 1.910.

Dengan terpilihnya Yogi Astra dan Fanny Firginia Aura sebagai peringkat atas masing-masing kategori, maka sepasang juara ini akan mengikuti Kompetisi Bintang Radio Indonesia dan ASEAN tingkat nasional, yang acaranya akan digelar di Provinsi Jambi pada Oktober 2015 mendatang.

Menurut Kepala Stasiun RRI Bukittinggi, Samirwan, keputusan dewan juri tersebut bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat, karena otoritas penilaian ada ditangan juri, serta tidak ada intervensi dan tekanan dari pihak manapun, tak terkecuali dari pihak RRI Bukittinggi sendiri.

“Ini bukan ajang mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah. Tapi ini adalah ajang penyaluran bakat yang akan dipersiapkan untuk kompetensi yang lebih baik lagi di tingkat nasional. Para juara ini tidak saja membawa nama RRI Bukittinggi, tapi juga membawa nama Kota Bukittinggi di tingkat nasional, sehingga memang dibutuhkan penyanyi terbaik diantara yang baik,” jelas Samirwan.

Samirwan menilai, banyak daerah di Indonesia sebagai gudangnya penyanyi, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Ambon dan yang lainnya, sehingga kompetisi tingkat nasional itu diprediksi akan lebih ketat lagi. Meski demikian, Samirwan tetap berharap, diantara sepasang juara ini bisa lolos ke peringkat lima besar.

Sementara itu, Irwan, selaku salah seorang juri mengatakan, penilaian yang dilakukan dewan juri dilakukan secara komprehensif, yang tidak dinilai dari suara saja. Menurutnya, seorang penyanyi profesional harus memiliki skill yang banyak di bidang musik dan seni, sehingga bisa diperhitungkan oleh bagi siapapun yang menilainya.

“Seni itu sifatnya temporer. Artinya, pada babak semi final, boleh saja suara dan penampilannya bagus, tapi justeru disaat final semuanya jadi hancur. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, dibutuhkan tekhnik khusus bagi penyanyi agar bisa full power pada setiap penampilan,” tukasnya.(**)

Sumber:GoSumbar.com
Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77