Loading...
Home >  Berita >  Pasaman

Diduga Jadi Otak Pencuri Ternak, Mantan Atlet PON Sumbar Ditangkap

Diduga Jadi Otak Pencuri Ternak, Mantan Atlet PON Sumbar Ditangkap
Jum'at, 11 September 2015 22:14 WIB
Penulis: .
PASAMAN, GOSUMBAR.COM - Pernah berprestasi dan mewakili Sumbar di pentas Pekan Olahraga Nasional (PON), Faisal (42) kini malah jadi penyakit masyarakat. Mantan atlet lari 100 meter itu sejak setahu terakhir buron karena diduga sebagai otak komplotan pencurian ternak di Pasaman.

Faisal akhirnya berhasil ditangkap anggota Satreskrim Polres Pasaman di Jorong Guguak, Nagari Sungai Beringin, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (10/9) dinihari. Pelaku merupakan pencuri yang diduga sudah belasan kali beraksi.

Kasatreskrim Polres Pasaman AKP Syaiful Zubir mengatakan, Faisal merupakan sindikat pencuri ternak yang telah beroperasi di berbagai lokasi di Sumbar.

“Tersangka Faisal, warga Nagari Tanjung Beringin, Lubuksikaping sudah diamankan di Polsek Lubuksikaping, setelah pencarian dalam satu tahun terakhir. Dia kabarnya mantan atlet PON,” katanya.

Syaiful mengatakan, tersangka diamankan di Jorong Guguak, Nagari Sungai Beringin, Kabupaten Limapuluh Kota.

“Dia otak dari segala kasus pencurian ternak milik masyarakat Lubuksikaping, beberapa waktu lalu yang menghebohkan peternak di daerah ini,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian, pelaku merupakan pemain lama. Bersama rekan-rekannya, dalam setahun terakhir telah melancarkan aksinya di lima lokasi di Pasaman.

"Dalam beraksi, pelaku membawa tiga ekor kerbau dan lima ekor sapi. Ternak yang dicuri langsung disembelih di kandang. Dagingnya dibawa, sementara kotorannya ditinggal,” kata Syaiful.

Pencurian yang sempat menghebohkan dilakukan komplotan  tersebut terjadi 23 September 2014. Saat itu, mereka berhasil membawa tiga ekor kerbau milik warga atas nama Inaih Datuak Angkek di Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuksikaping. Hasil dari pencurian hewan ternak tersebut, kemudian dijual di Lubukalung dan Kabupaten Padangpariaman.

“Komplotan Faisal berjumlah tujuh orang, dimana dua orang masih buronan, sementara empat rekan lainnya telah lebih dulu diciduk di Padangpariaman dan Kota Solok karena terlibat kasus yang sama,” jelasnya.

Syaiful menambahkan, tersangka yang diamankan ini, diduga merupakan otak dari pencurian ternak di wilayah hukum Pasaman, sebab dari komplotan ini, hanya dia yang merupakan warga asli daerah ini, dan menentukan target operasinya.

“Para tersangka sebelum menjalankan aksinya rapat dulu dirumah Ajo alias Faisal, menentukan target ternak siapa yang akan mereka embat,” tandas Syaiful. ***

Sumber : posmetropadang.co.id
Kategori : Pasaman, Hukum

Loading...
www www