Home  /  Berita  /  Umum

'Taragak' Kampung, Masyarakat Minang Sumut Gelar 'Baralek Gadang

Taragak Kampung, Masyarakat Minang Sumut Gelar Baralek Gadang
ilustrasi
Sabtu, 05 September 2015 06:56 WIB
Penulis: .
MEDAN, GOSUMBAR.COM - Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar acara Baralek Gadang selama tiga hari, pada tanggal 18-20 September 201d mendatang.

"Acaranya akan berlangsung 3 hari dan akan diisi dengan berbagai kegiatan seni budaya Minang, bazar makanan khas Minang serta hiburan rakyat. Memang akan dikemas secara kolosal yang melibatkan lebih dari seribu masyarakat Minang di Sumatera Utara," kata Wakil Sekretaris Panitia Baralek Gadang BM3 Sumut, Arief Wahyudi SH, di Rumah Gadang BM3 Sumut, Jalan Adinegoro/Jalan IAIN No 1 Medan belum lama ini.

Dijelaskannya, dalam acara tersebut juga akan ada lomba lagu Minang, lomba Tambua Tansa dan lomba pidato adat yang terbuka untuk umum.

"Berbagai macam lomba itu terbuka untuk umum, sanggar tari atau sanggar seni Minang di Sumatera Utara sekitarnya," ujarnya.

Selain itu, juga akan ada acara hiburan rakyat seperti saluang yang sengaja didatangkan dari Kabupaten Agam dan Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat. Tak ketinggalan hiburan bermain kim.

"Seniman-seniman tradisional Minang akan kita hadirkan pada acara tersebut. Selain itu juga akan ada bazar atau dalam istilah Minangnya, Los Lambuang dengan masakan khas Minang," ujarnya.

Dijelaskan Arief Wahyudi, Baralek Gadang ini akan berlangsung di dua lokasi berdekatan, yakni di Rumah Gadang BM3 Sumut dan di Hotel Grand Angkasa.

Untuk beragam perlombaan dan bazar, akan diadakan di Rumah Gadang, sedangkan untuk acara puncaknya akan digelar di Hotel Grand Angkasa.

"Kita ingin menghadirkan kesenian tradisional kampung halaman di Medan. Mudah-mudahan dapat mengobati rasa rindu kampung sekaligus mempererat silaturrahmi antar sesama perantau Minang," pungkasnya.

Sedangkan Ketua Panitia Baralek Gadang, HM Kadarsyah Tanjung juga mengharapkan doa dan dukungan demi kelancaran acara akbar tersebut.

"Kami juga mengharapkan agar masyarakat Minang di Sumut untuk turut serta mensukseskan kegiatan ini. Karena ini merupakan momentum penting bagi kita sesama perantau untuk meningkatkan silarturrahmi," ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Umum BM3 Sumut, H Syahruddin Ali MSi melalui Sekretaris Umum, HM Yunan Sirhan menyebut kegiatan ini merupakan gagasan perantau Minang Sumatera Utara.

Disebutkan Yunan, ada semacam kerinduan parantau akan kampung halaman. Bisa saja karena sudah lama tak pulang kampung karena kesibukan dan lain sebagainya, atau waktu pulang kampung kemarin, waktunya sangat singkat.

"Jadi kita ingin berkumpul bersama-sama menikmati kesenian Minang dan menjalin silaturrahmi," ujar Yunan di Rumah Makan ACC, Jalan AH Nasution Medan.

Dia juga menyebut acara tersebut juga akan mengundang tokoh Minang nasional seperti Gamawan Fauzi, Azwar Anas, Karni Ilyas, Tifatul Sembiring, Indra J Piliang, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan beberapa tokoh lain.

"Kita juga mengupayakan kedatangan Wakil Presiden RI, Pak Jusuf Kalla. Beliau adalah Urang Sumando masyarakat Minang. Mudah-mudahan beliau berkenan hadir bersama kita," pungkasnya. ***

Sumber:dnanews.com
Kategori:Rantau, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/