Home  /  Berita  /  Pemerintahan

KB-Kes Pakan Sinayan, Wakili Payakumbuh Lomba Tingkat Provinsi

KB-Kes Pakan Sinayan, Wakili Payakumbuh Lomba Tingkat Provinsi
Tim Penilai Provinsi Sumbar, setelah memonitor Dasawisma dan Posyandu, bagian dari kegiatan PKK KB-Kes, di Kelurahan Pakan Sinayan, mengacungkan jempol dengan usaha PKK kelurahan setempat, Senin (14/12)
Selasa, 15 Desember 2015 08:55 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH- Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, wakili Payakumbuh dalam Lomba PKK KB-Kes Tingkat Sumatera Barat 2015, dikunjungi tim penilai provinsi, Senin (14/12). Sebelum turun ke lapangan, tim disambut Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis di ruang kerja walikota bersama Ketua TP-PKK Ny. Dr. Hj. Henny Riza Falepi dan Wakil Ketua  Ny. Hj. Suwandel Muchtar serta  sejumlah pengurus TP-PKK lainnya.

Kepada tim penilai yang datang, dipimpin Ny. Eti Zahlul,
dengan anggota Amrison (BKKBN),  Nasli Nazir, (Dinkes) dan Fauziah, SKM, Biomeg, (TP-PKK),  Sekdako Benni Warlis melaporkan,  TP-PKK sebagai mitra pemko dalam membantu berbagai program pembangunan di Payakumbuh sangat membantu sekali. Jika banyak sukses yang diperoleh Payakumbuh dalam beberapa tahun terakhir, tak lepas dari peran TP-PKK, dalam menjalankan tugas pokok dan  fungsinya.

Di Pakan Sinayan, tim disambut kader PKK dan anggota Bundo Kanduang  kecamatan dan kelurahan, dengan sajian siriah carano dan nyanyian hymne PKK   dan Bundo Kanduang, di Rumah Gadang Raymond, milik keluarga H. Sukri Bey.  Di rumah gadang ini, juga hadir sejumlah pimpinan SKPD terkait, Camat Payakumbuh Barat, lurah sekecamatan, pemuka dan tokoh masyarakat.

Kegiatan penilaian diawali dengan ekspose  program PKK KB-Kes, diawali  Ketua TP-PKK payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, Ketua TP-PKK Kecamatan Ny. Nurdal dan Ketua TP-PKK Kelurahan pakan Sinayan, Ny. Henny Zailendra. Ketiganya, menyampaikan kegiatan Pokja 4 PKK, di antaranya PKK KB-Kes dilakukan terpadu di Payakumbuh, kecamatan dan kelurahan.

Ketua TP-PKK Ny, Henny Riza, mengungkapkan, kegiatan Posyandu dan Dasawisma di kota ini berkembang dengan baik. Malahan di kota ini satu-satunya di Sumatera Barat, menggelar acara bulan bakti Dasawisma, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan bulan bakti PKK.  Dalam bulan bakti tersebut, dimanfaatkan untuk mengevakuasi  kegiatan 10 Program Pokok PKK,   selain buat tukar informasi sesama kader PKK, antar kecamatan dan kelurahan.

Ketua Tim Penilai KB-Kes Sumatera Barat, Eti Zahlul, mengemukakan, sangat puas dengan  sambutan dan ekspose ketiga TP-PKK tersebut. Ia berharap,  semua yang disampaikan teraplikasi di lapangan. Karena, kedatangan tim bukan sekedar menilai, tapi juga melakukan evaluasi dan pembinaan.

Dari  sejumlah sukses yang dicapai Pakan Sinayan sepanjang dua tahun terakhir, seperti juara Sumbar bidang administrasi Gerakan PKK 2015,  Lomba Gerakan Sumbar Bersih 2015, dan Lomba Payakumbuh Bersih 2015,   Pakan Sinayan layak  beroleh  dalam Lomba PKK KB-Kes. Namun, kerja tim penilai belum selesai, karena  masih ada daerah lain yang akan dinilai, katanya.

Menurut Ketua TP-PKK Pakan Sinayan Ny. Henny Zailendra, kegiatan PKK KB-Kes di daerahnya, sudah dilakukan disetiap kegiatan posyandu dan dasawisma. Sosialisasi terus dilakukan, pada saat ibu-ibu berkumpul dalam kelompok tersebut. Makanya, di Pakan Sinayan sudah punya 19 dasawisma yang semuanya berpacu melakukan sosialisasi KB-Kes. Di Pakan Sinayan, kesadaran warga untuk bertanam tanaman dapur dan obat-obatan dengan polybag juga sangat tinggi.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/