Home  /  Berita  /  Ekonomi
NASIONAL

Syukurlah... Harga Pertamax Turun Awal September

Syukurlah... Harga Pertamax Turun Awal September
Sabtu, 29 Agustus 2015 10:10 WIB
Penulis: .
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - PT Pertamina (Persero) berencana menurunkan harga Pertamax pada awal September mendatang. Namun perseroan itu masih bungkam soal besaran penurunan harga tersebut.


"Kemungkinan iya (akan turun)," ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto di kantornya, Jumat, 28 Agustus 2015.

Rencana perubahan harga ini disebabkan oleh turunnya harga minyak dunia. Awal pekan lalu, harga minyak di pasar Amerika Serikat anjlok di bawah US$ 40 per barel. Angka ini menjadi yang terendah dalam enam tahun terakhir.

Namun ternyata hari ini harga minyak Light Sweet di pasar AS naik menjadi US$ 42,56 per barel. Sedangkan harga minyak jenis Brent naik menjadi US$ 47,56 per barel.

Anehnya, Pertamina masih mengantongi kerugian pada bahan bakar minyak jenis Premium. Bahkan Dwi menyebutkan kerugian mencapai Rp 14 triliun atau meningkat sejak Juli lalu sebesar Rp 12 triliun.

Perseroan beralasan pengadaan tersebut berasal dari stok lama yang harganya saat itu lebih tinggi. "Kan tidak bisa, kalaupun bulan ini turun, kita jual lebih rendah," kata Dwi.

Mantan bos PT Semen Indonesia ini mengatakan, dalam perhitungan awal pada Agustus lalu, harga keekonomian Premium masih sekitar Rp 8.000 per liter. Artinya, perusahaan harus menanggung selisih sebesar Rp 700.

Untuk solar bersubsidi, Pertamina menyatakan harga jual dan harga keekonomiannya sudah surplus. Namun dia enggan menyatakan margin yang diterima perusahaan untuk BBM jenis ini.

Kemaren Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan harga bahan bakar minyak bersubsidi untuk periode 1 September mendatang tetap. Artinya, meski tren harga minyak dunia turun drastis hingga awal pekan lalu, harga BBM bersubsidi tidak berubah.

"Harga jual eceran BBM secara umum tidak naik," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmadja, sebagaimana dikutip dari situs resmi esdm.go.id, Jumat, 28 Agustus 2015. ***

Sumber:tempo.co
Kategori:Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/