Loading...
Home >  Berita >  Politik

Serius Tangani Kabut Asap, Jokowi Percepat Lawatan di AS

Serius Tangani Kabut Asap, Jokowi Percepat Lawatan di AS
Presiden Jokowi ketika melakukan pembiicaraan telepon dengan Menko Polhukam
Selasa, 27 Oktober 2015 10:26 WIB
Penulis: Calva
WASHINGTON DC - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan mempercepat lawatannya di Amerika Serikat (AS). Ia akan segera kembali ke tanah air guna memimpin langsung penanganan bancena kabut asap di tanah air.

Kepastian mempercepat kepulangan dari AS dikatakan Jokowi kepada wartawan di Blair House, Washington DC, Senin, 26 Oktober 2015 atau Selasa pagi WIB. Jokowi menyebutkan, ia sudah melakukan pembicaraan telepon dengan Menko Polhukam Luhut Panjaitan soal kabut asap yang melanda Sumatra dan Kalimantan.

"Karena banyak laporan masyarakat dan keluhan dampak kabut asap untuk kesehatan, saya membatalkan perjalanan ke West Coast, ke pantai barat dan akan langsung kembali ke Indonesia. Dan mungkin langsung meluncur ke Sumsel atau Kalteng," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga mendapat laporan tentang turunnya hujan di Riau dan Kalteng. Ia menyebutkan memantau perkembangan dari waktu ke waktu dan mamastikan warga terserang kabut asap mendapat pelayanan kesehatan dan rencana pengungsian dapat berjalan dengan baik.

Sementara pembatalan kunjungan ke beberapa wilayah di AS, Jokowi menugaskan menteri-menteri terkait ke sana, guna melakukan serangkaian kerjasama. Yakni Menkominfo, Menteri Perdagangan, Kepala BKPM dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif untuk bertemu CEO-CEO di sana.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana selanjutkan akan pulang ke tanah air Selasa sore dan dperkirakan sampai di Jakarta Kamis, 29 Oktober 2015 dengan pesawat Kepresidenan Indonesia-1. (**)

Sumber : Setkab RI
Kategori : Politik

Loading...
www www