Home  /  Berita  /  Hukum

Pura-pura Shalat, Curi Kotak Infak, ABG Remuk Dihajar Massa di Padang Timur

Pura-pura Shalat, Curi Kotak Infak, ABG Remuk Dihajar Massa di Padang Timur
ilustrasi
Sabtu, 29 Agustus 2015 14:57 WIB
Penulis: .
PADANG, GOSUMBAR.COM- Berkali-kali YS (15) mambana , namun pukulan bertubi-tubi tetap menghantam tubuhnya. ”Aduh pak, sakik pak,” rintihnya YS dengan wajah memerah menahan sakit.

Tapi warga sudah terlanjur emosi karena kelakuan ABG putus sekolah tersebut. Meski sudah mengerang-ngerang kesakitan, ia tetap digebuki hingga babak belur.

Ulahnya yang mencuri kotak infak di Masjid Akbar, Jalan Jati, Parak Salai, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Selasa (25/8) siang benar-benar membuat geram warga.

Ia mencoba mengiba-iba minta ampun kepada warga yang mengerumuninya. Namun warga malah kian banyak memukulinya.

”Ampun awak pak... ampun,” ucap YS. Wajahnya sudah lebam. Tubuh kurusnya terpental-pental karena dipukuli.

Beruntung polisi yang tiba di lokasi kejadian bisa meredam emosi warga, sehingga YS yang merupakan warga Marapalam, Kecamatan Padang Timur itu selamat.

”Untung ada polisi. Kalau tidak, mungkin dia sekarat. Itu salahnya, ngapain mencuri kotak infak. Warga geram sekali,” tutur salah seorang warga.

Informasinya, YS dihajar oleh warga akibat tertangkap tangan ketika kabur membawa kotak infak Masjid Akbar yang di dalamnya ada sekitar uang recehan sebanyak Rp80 ribu.

Saat hendak membawa kabur kotak amal tersebut, aksinya ternyata diketahui oleh garin masjid dan ia pun mencoba kabur, tapi naas warga sekitar dengan gampang menangkapya.

Warga geram dan ia pun menjadi bulan bulanan warga sampai polisi mengamankan pelaku beserta barang bukti.

Garin masjid, Zulfan (20) mengatakan, sebelum melakukan aksinya, dia melihat pelaku datang ke lokasi dan sempat menunaikan salat. Saat pelaku beribadah di dalam masjid, si garin pun keluar untuk nembersihkan pekarangan masjid.


”Pada saat membersihkan perkarangan masjid, saya melihat gerak-gerik pelaku yang sudah mencurigakan. Saya melihat pelaku berusaha membawa kabur kotak amal, saya langsung berusaha mencegat pelaku,” kata Zulfan.

Zulfan lantas mendekati pelaku dan menanyakannya, namun pelaku mengelak dan berusaha kabur. Saat Zulfan lengah, pelaku langsung kabur.

Sontak, Zulfan langsung berteriak maling. Mendengar sorakan yang cukup keras, spontan, warga setempat berhamburan keluar rumah guna mengejar pelaku.

”Pelaku ditangkap salah seorang warga yang mendengar teriakan saya . Lalu, pelaku digiring ke sini, saat itulah remaja itu menjadi bulan-bulanan warga,” ujar Zulfan.

Setelah itu, salah seorang warga yang mengetahui kejadian, memberitahukan ke kantor polisi. Tidak lama berselang, pelaku diamankan petugas Polsek Padang Timur dan dibawa ke Mapolsekta Padang Timur.

Kapolsekta Padang Timur Kompol Febgendi mengatakan, pelaku berhasil ditangkap oleh warga. Saat ini pelaku telah diamankan dan akan diproses sesuai aturan hukum.

”Kami masih menyelidiki dan mendalami kasus ini. Untuk mengungkap berapa kali pelaku melakukan tindak pidana pencurian. Pelaku merupakan anak di bawah umur, dan saat ini pelaku masih diperiksa intensif oleh penyidik,” katanya.

Febgendi menuturkan, selain mengamankan pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti, kotak amal yang berisikan uang Rp80 ribu yang dicuri pelaku.

”Kami telah mengamankannya, dan yang jelas kasus ini masih dalam penyelidikan Unit Reskrim Polsek Padang Timur, jika ada perkembangan akan kita informasikan,” ungkapnya.

Kenekatan YS mencuri kotak infak dikarenakan hidupnya yang sulit. ABG putus sekolah ini mengaku benar-benar sedang tak punya uang. Padahal, dia butuh biaya untuk menyambung hidup.

Sebab itu, dia khilaf dan mencuri kotak infak, tanpa memikirkan konsekuensi yang akan didapat. Ujungnya, YS tertangkap, dia remuk dipukuli. Kini, terpaksalah YS mendekam di sel tahanan karena ulahnya melanggar Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. ***

Sumber:posmetropadang.co.id
Kategori:Padang, Hukum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77