Home  /  Berita  /  Umum

Pelihara Sumber Air Bersih, PDAM Tanam Pohon di Batang Tabik

Pelihara Sumber Air Bersih, PDAM Tanam Pohon di Batang Tabik
KAN Sungai Kumayang disaksikan dirut PDAM dan tokoh masyarakat menanam pohon.
Minggu, 30 Agustus 2015 20:56 WIB
Penulis: .
PAYAKUMBUH, GOSUMBAR.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Payakumbuh bersama anak nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luhak, Limapuluh Kota, bersinergi menyelamatkan sumber air bersih di kawasan pemandian Batang Tabik.

Sebanyak 30-an pohon mahoni ditanam, diawali oleh Ketua KAN Sungai Kamuyang A Dt Bagindo Said, dengan Ketua Bamus Nagari Edy Dt. Pandak, Wali Nagari Sungai Kamuyang diwakili Gefrizal  dan Dirut PDAM Herry Iswahyudi, ST.

Pengamanan air minum dalam rangka pelestarian dan penghijauan sumber mata air di Batang Tabik  itu, berlangsung pada Jumat (28/8). Dihadiri anggota Badan Pengawas PDAM, Yoherman, SH, S.Sos dan  Yudi Thamrin, SH, seluruh karyawan PDAM dan anak nagari setempat. 

Wali Nagari Sungai Kamuyang  diakili Gefrizal dan Badan Pengawas PDAM, Yudi Thamrin yang merupakan putera daerah Sungai Kamuyang, menyambut baik langkah PDAM membuat program penghijauan itu.

Pengamanan sumber air perlu dilakukan, agar dapat memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat.

“Kami anak nagari Sungai Kamuyang, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemko dan jajaran PDAM Payakumbuh,” sebut keduanya.

Di bagian lain,  Yudi Thamrin, memberi sinyal positif kepada PDAM, agar ke depan mampu meningkatkan kapasitas pemakaian air dari sumber mata air di Sungai kamuyang ini. Dari kapasitas  1.400 liter per detik, PDAM baru memanfaatkan sumber air 105 liter per detik.

“Sepanjang bermanfaat terhadap kemaslahatan rakyat banyak, kita akan memberikan dukungan buat PDAM,” tegasnya.

Program penghijauan di sumber air bersih PDAM di Batang Tabik, dikatakan Dirut Herry Iswahyudi, bukan sekedar memelihara lingkungan, agar lebih hijau dan asri, namun bertujuan memelihara dan meningkatkan  silaturahim jajaran PDAM dengan masyarakat Sungai Kamuyang.

Keberadaan PDAM, seyogianya memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Sungai Kamuyang dan sekitarnya. Karena itu, seluruh karyawan harus menyatu dengan warga.

“Kita akan jadwalkan, membuat program yang menyentuh kepentingan rakyat banyak di daerah Sungai Kamuyang,” sebutnya.

Menurut Dirut Herry Iswahyudi, ke depan PDAM akan berusaha meningkatkan pelayanan ke daerah tetangga, selain dalam kawasan Sungai Kamuyang dan Kota Payakumbuh  sendiri.

Pihaknya, juga merencanakan perluasan layanan  zona air minum  prima (ZAMP). Buka kran, air langsung diminum tanpa dimasak lebih dahulu. (mds)

Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/