Home  /  Berita  /  Umum

Kontes Batu Akik Nusantara akan Meriahkan HUT TNI AL di Lantamal II Padang

Kontes Batu Akik Nusantara akan Meriahkan HUT TNI AL di Lantamal II Padang
Sabtu, 29 Agustus 2015 19:50 WIB
Penulis: .
PADANG, GOSUMBAR.COM - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang menggelar kontes dan pameran batu akik dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-70.

"Kontes bakal digelar pada 18 hingga 21 September 2015 di Mako Lantamal II Padang," kata Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Dindin Kurnadi di Padang.

Ia menjelaskan, ada 11 kelas yang bakal dipertandingkan dalam kontes batu akik bertema "Amazing Batu Akik Nusantara" tersebut. Total hadiah mencapai Rp60juta serta doorprize satu unit sepeda motor, dengan juri berskala nasional.

"Lantamal II Padang ingin membangkitkan kembali gairah batu akik yang kini sedikit mulai pudar. Di samping itu melalui kontes ini kita ingin menumbuhkan kesadaran untuk menghargai kekayaan alam, serta menjalin kedekatan TNI bersama masyarakat," ungkapnya.

Selain kontes batu akik, kata Dindin Kurnadi, Lantamal II juga mengadakan festival band pelajar, pameran senjata, dan kolone senapan.

Peserta festival band pelajar akan membawakan lagu wajib, di antaranya "Bendera" oleh Cokelat serta "Gebyar-gebyar" ciptaan Gombloh.

"Lagu ini bisa menggugah rasa nasionalisme pelajar serta kecintaan terhadap bangsa dan negara," tegasnya.

Ia mengatakan, batu akik ini  akan mampu meningkatkan percepatan ekonomi masyarakat, terwujudnya pusat batu akik di Sumbar, terciptanya alternatif penyerapan tenaga kerja baru dan menjadikan icon batu akik Sumatera Barat dikenal di manca negara. 

"Lebih dikenalnya batu akik asal Sumbar, perekonomian masyarakat, terutama yang berkaitan dengan batu akik akan bisa meningkat," katanya.

Menurut Dindin, dengan adanya batu akik ini terciptanya alternatif penyerapan tenaga kerja baru bagi masyarakat di Sumatera Barat.

"Selain itu, diharapkan daerah penghasil batu akik di Sumbar akan menjadi daerah tujuan wisata bagi para pecinta batu akik dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia," ungkapnya.

Sementara itu, Deni salah seorang sekretariat panitia menyatakan, kontes batu akik dibagi dalam 11 kategori. Di antaranya Bacan Pro, Bacan Amatir, Sungai Daerah, dan Pancawarna.  

"Insert kontes batu akik medium Rp100.000, jumbo Rp100.000, sewa stand pameran biaya Rp1.000.000," katanya.

Ia menjelaskan, peserta yang mau mengikuti kontes dapat mendaftarkan dirinya ke Satkamla Lantamal II yang berada di Batang Arau Muaro Padang.

"Peserta sudah boleh menghubungi panitia untuk mendaftar serta menyewa stand Satkamla Lantamal II yang berada di Batang Arau Muaro Padang," ungkapnya. (dry)

Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/