Home  /  Berita  /  Pendidikan

Bencana Kabut Asap, Federasi Guru Minta Pemerintahan Mundurkan Jadwal Ujian Nasional UN

Bencana Kabut Asap, Federasi Guru Minta Pemerintahan Mundurkan Jadwal Ujian Nasional UN
ilustrasi
Senin, 26 Oktober 2015 08:26 WIB
Penulis: .
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mendesak pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan  menunda pelaksanaan ujian nasional 2016.

“Bencana asap sudah berlangsung dua bulan, bahkan meluas. Dari sisi pembelajaran dua bulan berarti sudah ketinggalan jauh,” kata Retno usai diskusi evaluasi satu tahu pemerintahan Joko Widodo bidang pendidikan, di LBH Jakarta, Ahad 25 Oktober 2015.

Sebelumnya, kata Retno, Kemendikbud telah mengeluarkan jadwal UN 2016 pada Februari 2016. Retno mengatakan bahwa dengan waktu yang ada, siswa tidak akan mampu mengejar ketertinggalan.

“Banyak yang tidak mau dievakuasi pun karena takut tidak lulus ujian dan tidak naik kelas.”

Ia mengilustrasikan seandainya ujian pada Februari, persiapan yang ada hanya dua bulan dengan bencana terburuk baru dapat diselesaikan dua bulan ke depan.

“Waktu dua bulan, untuk pelajaran tertentu tidak cukup untuk dilakukan persiapan, kalau mau les privat pun tidak semua mampu,” katanya.

Sambil memperkirakan bencana yang terburuk, Retno  berharap pemerintah memundurkan jadwal UN. “Ruginya apa sih, ujian sekolah bisa duluan. UN juga sudah tidak menentukan kelulusan,” katanya.

Menurutnya, pengunduran jadwal UN tersebut juga menunjukkan pemerintah berempati pada korban bencana asap.

“Sebagai pengambil kebijakan harusnya sudah bisa mengambil antisipasi,” ujarnya. FSGI, kata dia, menyarankan UN dapat dilaksanakan pada awal Mei.

Selain itu, Retno meminta  agar pemerintah menghentikan ancaman tidak mencairkan tunjangan sertifikasi di daerah bencana yang tidak melakukan kegiatan belajar-mengajar.

Di Jambi, katanya, guru diminta melampirkan tugas dan agenda selama belajar di rumah. “Kalau tidak membuat, tunjangan sertifikasi tidak akan dicairkan,” katanya. ***

Sumber:tempo.co
Kategori:Pendidikan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/