Home  /  Berita  /  Peristiwa

Titik Panas Turun, Udara Masih Kategori Tidak Sehat di Sumbar

Kamis, 29 Oktober 2015 10:37 WIB
Penulis: Calva
titik-panas-turun-udara-masih-kategori-tidak-sehat-di-sumbarKondisi kabut asap di Kota Padang.
PADANG -Hujan yang turun di sebagian wilayah di Pulau Sumatera termasuk Sumbar, masih belum membuat kualitas udara membaik. Hasil pengukuran ISPU yang dilakukan Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang, Agam, sejak pagi hingga pukul 10.00 WIB, Kamis, 29 Oktober 2015, kualitas udara masih tidak sehat.

GAW merilis prospek kabut asap hari ini, masih mempengaruhi kualitas udara di Prov. Sumbar. Hal ini disebabkan oleh sebaran kabut asap dari sumber titik panas yanh tetap muncul dari bagian selatan Sumatera.

Dan peningkatan potensi hujan di sebagian wilayah Sumbar, terutama di Kep. Mentawai dan daerah pesisir dapat mengurangi sebaran kabut asap. Namun di beberapa wilayah dengan peluang hujan yang belum merata atau dengan intensitas sedang, kepekatan masih dapat dirasakan.

Sementara itu, GAW juga menyebutkan, jumlah dan sebaran asap yang terus menurun di Pulau Sumatera. Pantauan dari Satelit Terra & Aqua (MODIS) terdapat 98 titik api pagi inu. Yakni di Jambi 3 titik, Sumsel (88) dan Lampung (2). Sedangkan Satelit NOAA-18 hanya mencatat 3 titik api yang di Sumatera yaitu, 1 titik di Jambi dan 2 titik di Sumsel. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77