Home  /  Berita  /  Umum

Pesona Nan Romantis dari Atas Bukit Langkisau Painan

Pesona Nan Romantis dari Atas Bukit Langkisau Painan
Pesona Kota Painan dari Atas Bukit Langkisau. (Humas)
Kamis, 29 Oktober 2015 12:42 WIB
Penulis: M. Rokcalva
BUKIT langkisau merupakan salah satu andalan wisata kabupaten Pesisir Selatan. Dibukit ini sering dilaksanakan Olahraga Paralayang, baik itu even nasional ataupun internasional. Even itu sendiri dinamakan Festival Langkisau, setiap tahunnya.

Bukit Langkisau berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Untuk menuju lokasi ini, bisa menempuh perjalanan dari ibukota Sumatera Barat, Padang menuju Kota Painan (ibu kota Pesisir Selatan) dengan jarak tempuh kurang lebih 78 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Sementara dari Painan ke Bukit Langkisau sangat dekat, hanya sekitar 15 menit mendaki via perjalanan darat.

Bukit kecil yang tingginya lebih kurang sekitar 400 meter diatas permukaan laut dan terletak diantara Nagari Salido dan Kota Painan adalah sebuah bukit yang indah. Dipuncak Bukit Langkisau akan disuguhkan pemandangan dan panorama laut lepas yang sangat menyejukan mata, diantaranya Kota Painan yang diapit dua bukit dan hamparan rumput hijau yang berada di tepian tebing bukit di sebelah selatan. Sedangkan di sebelah utara wisatawan dimanjakan dengan keelokan Pantai Salido dan Pantai Sago dengan garis nan indah.

Yang tidak kalah menariknya di kaki Bukit Langkisau juga bisa menikmati wisata pantai, yaitu Pantai Carocok dengan Pulau Cingkuknya. Kawasan ini kini menjadi destinasi wisata pada musim liburan dan akhir pekan.

Presiden RI Susili Bambang Yhudoyono bersama istri pernah ke bukit langkisau ini pada waktu berkunjung ke Painan saat melihat gempa pengkulu tahun 2006 yang lalu. Kelebihan bukit Langkisau bukan hanya pada keindahan pemandangan alamnya saja, bukit ini akan lebih romantis disaat matahari akan tenggelam dibatas cakrawala, rona jingganya yang memantul diatas permukaan laut akan terlihat jelas dari puncak bukit langkisau ini. Sungguh suatu moment yang sangat indah,jika kita berkesempatan bertemu dengan keadaan alam yang seperti itu akan terasa rugi seandainya moment tersebut tidak terabadikan dengan kamera. Anda tertarik berwisata ke Bukit Langkisau? (***)

Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/