Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Terindikasi Dukung Paslon Cawako, Kepala Dinas di Bukittinggi Ini Ditegur PJ Walikota

Terindikasi Dukung Paslon Cawako, Kepala Dinas di Bukittinggi Ini Ditegur PJ Walikota
Penjabat Walikota Bukittinggi, Abdul Gaffar saat memberikan keterangan terkait keterlibatan ASN pada salah satu paslon Cawako di Bukittinggi.
Senin, 02 November 2015 17:05 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Penjabat Walikota Bukittinggi Abdul Gaffar mengungkapkan, dirinya menerima banyak laporan dari berbagai pihak terkait adanya oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bukittinggi yang mendukung salah satu pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Bukittinggi.

“Memang ada beberapa ASN yang terindikasi mendukung salah satu paslon, dan salah seorang diantaranya adalah kepala dinas. Sebagai atasan, saya sudah menegur kepala dinas yang bersangkutan itu,” ujar Abdul Gaffar saat bersilaturrahmi di rumah dinas Walikota Bukittinggi kawasan Belakang Balok Bukittinggi, Minggu (1/11/2015) malam.

Abdul Gaffar menjelaskan tanpa merinci siapa kepala dinas yang dimaksud. Namun diakuinya, ada satu foto kepala dinas itu yang menjadi bukti indikasi mendukung salah satu paslon. Dikatakannya, dalam foto tersebut, kepala dinas yang bersangkutan itu berfoto bersama dengan salah satu calon walikota, sambil memperagakan nomor urut calon itu dengan tangannya.

“Ini masih indikasi, atau dugaan. Apakah foto itu merupakan suatu pelanggaran atau tidak, hanya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang bisa memutuskan. Jika memang itu sebuah pelanggaran, maka kepala dinas yang bersangkutan harus menerima konsekuensinya sesuai Undang-undang ASN serta aturan lainnya yang berlaku,” jelas Abdul Gaffar.

Abdul Gaffar kembali mewanti-wanti kepada seluruh ASN di Kota Bukittinggi untuk menjaga netralitas, serta tidak terlibat dalam politik praktis.

Abdul Gaffar juga mengaku sangat berat bagi dirinya sendiri untuk mengawasi ASN di Kota Bukittinggi agar tidak terlibat politik praktis dan mendukung salah satu paslon.

“Selama ini tidak ada laporan kepada saya tentang adanya ASN yang mendukung salah satu paslon. Jadi saya menganggap proses Pilkada berjalan aman-aman saja. Tapi semenjak Sabtu (31 Oktober 2015) malam hingga Minggu (1 November 2015) pagi, saya menerima banyak laporan tentang dugaan ASN yang mendukung salah satu paslon,” ujar Abdul Gaffar.

Abdul Gaffar mengaku sangat senang jika ada masyarakat yang langsung melaporkan kepada dirinya jika melihat adanya oknum ASN di Bukittinggi yang terlibat politik praktis dan mendukung salah satu paslon. Namun Ia berharap laporan itu didukung dengan bukti nyata, sehingga nantinya tidak ada isu-isu yang menyesatkan.

Bahkan saat bersilaturrahmi dengan wartawan, Abdul Gaffar juga berharap kepada seluruh rekan-rekan media untuk ikut melaporkan ASN yang menyalahi aturan.

“Wartawan lebih banyak berada di lapangan, dan pasti banyak melihat seperti apa fakta yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, saya juga berharap kepada rekan-rekan media untuk melaporkan jika ada ASN yang mendukung salah satu paslon. Bukti foto sudah cukup, tapi kalau ada video lebih bagus lagi,” tandasnya.(**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/