Home  /  Berita  /  Ekonomi

Pemko Payakumbuh Rancang Padang Kaduduak Jadi Kawasan Ekonomi Baru

Selasa, 03 November 2015 22:23 WIB
Penulis: .
PAYAKUMBUH - Kelurahan Padang Kaduduk, di Kecamatan Payakumbuh Utara, tengah dirancang Pemko Payakumbuh sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru. Di daerah itu, direncanakan bakal dibangun sebuah pusat perniagaan yang representatif, guna memperluas kawasan ekonomi yang telah ada di pusat pertokoan bertingkat dan di Pasar Tradisional Ibuah.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi ketika dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (3/11), menginformasikan, Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan (Diskoperindag)  yang bertanggung jawab dalam kegiatan  itu, tengah melakukan studi kelayakan  dengan pihak ketiga. Hasil studi kelayakan  dari konsultan perencanaan tersebut akan menjadi acuan bagi pemko dalam pelaksanaannya.

Memperluas pertumbuhan ekonomi ke bagian utara kota ini, dinilai sangat strategis, untuk memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kemudian, secara geografis, Kelurahan Padang Kaduduk yang masih belum terlalu padat, dan masih banyak memiliki lahan kosong, sangat tepat dan mudah sekali untuk dikembangkan. Pembangunan pasar di Padang Kaduduk, sekaligus  mengurangi kepadatan di pusat kota, serta akan memacu pertumbuhan di daerah pinggiran.

Kepala Diskoperindag  Payakumbuh Dahler, SH didampingi Sekretaris Yunida Fatwa dan Kabid Pengelola Pasar Agu Rubiono, mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana buat kajian teknis pembangunan pasar di Padang Kaduduk itu. Sejalan dengan itu, pemko juga tengah melakukan negosiasi dengan pemilik tanah, untuk menyerahkan tanahnya buat pembangunan pasar.

Rencananya, jika studi kelayakan dan persoalan tanah sudah klar, mudah-mudahan tahun 2016, kegiatan fisik pembangunan pasar itu sudah dapat dikerjakan. Pemko juga telah mengirim proposal kepada pemerintah pusat, untuk memberikan bantuan buat pembangunan pasar ini, sebutnya.(mds)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/