Home  /  Berita  /  Umum

Pembangunan Masjid Raya Sumbar Ternyata Atas Permintaan Wapres Jusuf Kalla

Pembangunan Masjid Raya Sumbar Ternyata Atas Permintaan Wapres Jusuf Kalla
Masjid Raya Sumbar
Minggu, 23 Agustus 2015 15:22 WIB
Penulis: .
PADANG, GOSUMBAR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla, hari ini, Minggu 23 Agustus 2015, melakukan kunjungan ke Padang, Sumatera Barat. Salah satu lokasi yang menjadi tujuannya adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid terbesar di ranah Minang tersebut ternyata punya kaitan erat dengan Jusuf Kalla.

Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat, Yulius Said mengatakan, pembangunan masjid raya tak lepas dari permintaan Kalla saat masih menjabat sebagai wakil presiden di periode pertamanya.

  "Jadi dulu ceritanya, pas Pak JK masih mendampingi Pak SBY, beliau berkunjung ke sini," kata Yulius dalam sambutannya di Masjid Raya Sumatera Barat, Ahad, 23 Agustus 2015. 

Yulius menceritakan saat itu bertepatan dengan hari Jumat. Gubernur Sumatera Barat ketika itu, Gamawan Fauzi, kata Yulius, kesulitan mencari masjid untuk salat Jumat bagi rombongan Kalla. Akhirnya, Kalla dan rombongan menjalankan salat Jumat di sebuah masjid dengan kapasitas yang tak terlalu besar. 

Seusai salat Jumat, Kalla meminta kepada Gamawan untuk membangun sebuah masjid raya, sekaligus sebagai landmark Kota Padang.

"Saya di Makassar saja bisa membangun tiga masjid besar, masa Padang yang terkenal dengan budaya keagamaannya tak bisa," kata Yulius menirukan ucapan Kalla saat itu. 

Dari permintaan Kalla itulah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kemudian menginisiasi dibangunnya Masjid Raya Sumatera Barat. Sejak peletakan batu pertama tahun 2007, masjid berkapasitas 6.000 jemaah tersebut sudah menghabiskan dana sebesar Rp200 miliar. Keseluruhan dana diambil dari kas daerah. 

Yulius memperkirakan, untuk merampungkan pembangunan masjid diperlukan dana sekitar Rp175 miliar lagi. Adapun tiap tahun, APBD Sumbar hanya menyediakan Rp15 miliar.

"Kalau tak ada tambahan dana, berarti masih butuh waktu 12 tahun lagi baru selesai," kata dia. Yulius berharap Kalla yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia bisa mencarikan solusi. 

Setelah dari Masjid Raya, Kalla direncanakan melakukan peninjauan dan penanaman pohon di pabrik PT Semen Padang sekaligus makan siang di perusahaan semen pelat merah tersebut. 

Kunjungan tersebut sekaligus mengakhiri rangkaian acaranya di Padang. Pukul 15.00, Kalla dan rombongan dijadwalkan sudah berada di Bandara Minangkabau, Padang, untuk kembali ke Jakarta. 

Ikut dalam rombongan antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Yuddy Chrisnandi.

Di Padang, Kalla juga disambut oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan.******

Sumber:tempo.co
Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77