Home  /  Berita  /  Olahraga

Peluang Rossi Masih Ada, Sirkuit Valencia Punya Cerita Tersendiri bagi Pebalap MotoGP 2015

Peluang Rossi Masih Ada, Sirkuit Valencia Punya Cerita Tersendiri bagi Pebalap MotoGP 2015
Peluang Rossi merebut juara Dunia Moto GP 2015 masih terbuka. (net)
Minggu, 08 November 2015 12:08 WIB
Penulis: GoSumbar.com
VALENCIA, SPANYOL - Jika berbincang tentang Valencia, maka segera terbayang perebutan gelar juara dunia MotoGP 2015 masih belum bisa ditebak.

Kendati Lorenzo nanti merebut pole position dan Rossi tetap harus start dari belakang, kejuaraan masih seru hingga bendera finish dikibarkan.

Semua hal masih bisa terjadi. Kenapa? Karena Valencia menyimpan banyak misteri, dengan rekor balapan yang penuh kejutan. Lorenzo dan Rossi memang pernah menang di sini, dan keduanya juga pernah gagal di sirkuit ini. Skenario apa pun bisa saja buyar, terutama karena faktor cuaca.

Ya, cuaca di Valencia sering tak bisa ditebak. Apalagi, memasuki awal November, yang menurut MotoMatters dan diteruskan asphaltandrubber, berarti bertaruh melawan cuaca.

Prediksi balapan Minggu (8/11/2015) memang kering dan panas. Namun udara dingin pagi dan angin kencang membuat ban menjadi dingin, lalu mengubah tikungan ke kanan menjadi sangat berbahaya. Jika Hujan atau basah, angin bisa membuat lajur cepat kering, dan pilihan ban menjadi kunci.

Banyak contoh yang membuat Valencia dicap sebagai sirkuit yang mengejutkan. Pada 2012, Dani Pedrosa berspekulasi mengganti sepeda motor ke setelan kering setelah pemanasan. Dia pun start dari pit, lalu pelan-pelan merangsek ke depan di saat pebalap lain bertahan dengan setelan basah. Dia pun sukses merebut juara.

Tahun lalu, di Valencia, juga disaksikan balapan setengah kering dan setengah basah. Meski kejuaraan sudah digenggam Marc Marquez, namun posisi kedua masih diperebutkan antara Rossi dan Lorenzo. Lorenzo menyerang, dan di tengah kondisi sulit itu dia kurang percaya diri, hingga akhirnya menyerah dan masuk pit.

Pada 2011, Casey Stoner tampak asyik memimpin, hingga akhirnya Hujan pun turun membuat kondisi semakin sulit. Jarak yang sudah dibangun berhasil dipangkas Ben Spies. Stoner pun ”diambil” Spies pada tikungan terakhir sebelum lomba berakhir. Katsuyuki Nakasuga yang menggantikan Lorenzo ketika cedera juga mengakhiri balap dengan podium.

Stoner juga mengalami momen aneh di Valencia, celaka saat pemanasan pada musim balap 2009 setelah mendapatkan pole position. Momen ini membuat Bridgestone harus mengubah konstruksi ban untuk panas lebih cepat.

Artinya, rentetan sejarah mengatakan Valencia adalah balap yang sulit diprediksi. Cuaca dan pemilihan ban yang tepat menjadi kunci pada balapan ini. Andai Hujan, keseruan seri terakhir musim 2015 ini akan semakin berlipat.(**)

Sumber:kompas.com
Kategori:Olahraga
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/