Home  /  Berita  /  Umum

Menteri Agama Buka MTQ Ke-36 Provinsi Sumatera Barat dan Ziarah ke Makam Muhammad Yamin

Menteri Agama Buka MTQ Ke-36 Provinsi Sumatera Barat dan Ziarah ke Makam Muhammad Yamin
Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin
Senin, 09 November 2015 21:49 WIB
Penulis: .

SAWAHLUNTO - Usai membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Barat di lapangan sepakbola Ombilin, Kota Sawahlunto, Minggu (8/11/2015) malam, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saefuddin, Senin (9/11/2015) berziarah ke makam pahlawan nasional asal Sumbar, Mahaputra Muhammad Yamin.

Dalam sambutannya, saat pembukaan MTQ, Menteri Lukman mengajak seluruh umat Islam untuk kembali memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang diajarkan dalam Alquran, sebagai benteng kuat dari pengaruh negatif arus globalisasi dan keterbukaan akses informasi.

Ia mengatakan, saat ini hampir semua negara-negara di dunia mengalaminya, di Indonesia ditandai dengan menipisnya nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta terhadap agama, bangsa dan negara.

"Pengaruh tersebut hanya bisa dinetralisir dengan keimanan dan selalu berupaya meningkatkan rasa persaudaraan antar-umat seagama dan umat beragama, sebagaimana yang sudah diamanatkan dalam dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," kata dia.

Salah satunya, lanjut dia, dengan menyemarakkan kegiatan MTQ di setiap tingkatan dan kelompok umur sejak dari lingkup keluarga, sebagai lingkungan terkecil dalam tatanan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, jelasnya, memupuk rasa persaudaraan dan saling menghargai dalam kegiatan-kegiatan seperti MTQ nasional ke-36 tersebut juga merupakan faktor penting dalam keutuhan bangsa dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, di samping sebagai media untuk mencapai prestasi terbaik bagi seluruh kafilah dari kota dan kabupaten di Sumatera Barat.

"Sehingga ajang ini mampu melahirkan sumber daya manusia berkualitas dalam menggalang kekuatan untuk meraih prestasi di ajang MTQ Nasional ke-36 yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Agustus 2016 mendatang," kata dia.

MTQ ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Barat ditandai dengan pemukulan bedug oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saefudin, didampingi Pj Gubernur Sumatera Barat, Reydonnizar Moenek dan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim dengan disaksikan oleh seluruh Wali Kota dan Bupati dari seluruh daerah yang ada di provinsi itu.

Sebelumnya, pada Minggu siang (8/11), seluruh kafilah dari Kota dan Kabupaten melaksanakan Pawai Taaruf mengelilingi kawasan Kota Lama Sawahlunto, dibawah pengawalan ketat petugas gabungan dari Polres Kota Sawahlunto serta petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan setempat.

Menteri Lukman beserta rombongan menutup kegiatannya di Kota Sawahlunto dengan melakukan ziarah ke makam Mahaputra Muhammad Yamin dan langsung bertolak menuju Kota Padang untuk kembali ke Jakarta pada Senin (9/11). ***

Sumber:beritasore.com
Kategori:Sawahlunto, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/