Home  /  Berita  /  Umum

Malam Ini, Rumah Kreatif Hadirkan Pagelaran Silat Tradisi dan Saluang

Malam Ini, Rumah Kreatif Hadirkan Pagelaran Silat Tradisi dan Saluang
Pagelaran Silat Tradisi dan Saluang di Rumah Kreatif, Bukittinggi, sabtu 31 oktober 2015.
Sabtu, 31 Oktober 2015 21:52 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Malam ini, Sabtu 31 Oktober 2015, Rumah Kreatif yang beralamat di jalan Tan Malaka Sebelah Rumah Sakit Ibnu  Sina Yarsi Bukittinggi kembali menghadirkan pagelaran Ikatan Seni Silat Tradisi dan Bagurau Saluang.

Setelah sebelumnya Rabu lalu dalam rangka peringatan 87 tahun Sumpah Pemuda, Rumah Kreatif juga menggelar kegiatan baca puisi perjuangan yang menghadirkan beberapa orang Sastrawan Nasional yang berasal dari Sumatera Barat.

Pagelaran seni silat tradisi ini dimulai sejak pukul 20.00 WIB dengan menampilkan kesenian tradisional Minangkabau yakni Saluang.

Saat pagelaran tradisi saluang ini dimulai, terlihat ratusan pengunjung Rumah Kreatif yang berasal dari kawula muda dan tua itu mendengarkan dengan antusias lagu-lagu tradisional  yang dilantunkan oleh para pedendang saluang.

Beberapa lagu saluang seperti Lubuak Sawo, Ratok maik Ka Turun, Tanti Batanti dan Talago Biru seakan membangkitkan lagi nostalgia lama bagi para pengunjung Rumah Kreatif.

Dendang-dendang lama itu mengiringi aksi beladiri silat tradisi yang diperagakan oleh  beberapa anak muda yang berasal dari berbagai perguruan silat yang ada di Sumatera Barat.

Salah seorang pecinta kesenian tradisi ini, Tan Marajo yang hadir di Rumah Kreatif malam itu menyebutkan, Ia sengaja datang dari daerah Sungai  Pua kesini untuk menyaksikan acara yang menghadirkan pagelaran kesenian tradisional seperti Saluang dan Silek.

"Sudah sangat jarang saya melihat pertunjukan tradisi seperti ini digelar, mungkin karena  jarang diadakan membuat peminatnya  telah jauh berkurang," sebutnya.

Tan Marajo berharap Rumah Kreatif rutin menggelar acara kesenian tradisional seperti ini setiap minggunya, agar kesenian asli ciri  khas kebudayaan Minangkabau ini tidak punah dan dapat dicintai oleh generasi muda, pungkasnya.(**)

Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/