Home  /  Berita  /  Olahraga

Luar Biasa, Atlet Asal Kenya Kembali Juarai Lomba Lari 10 K di Bukittinggi

Luar Biasa, Atlet Asal Kenya Kembali Juarai Lomba Lari 10 K di Bukittinggi
Ketangguhan Atlet Kenya kembali mendominasi di Lomba Lari Bukittinggi 10 K, Minggu 8 November 2015.
Minggu, 08 November 2015 15:49 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Dominasi dan ketangguhan para atlet asal Kenya dalam Lomba Lari 10K Bukittinggi Wisata Internasional di Kota Bukittinggi, Minggu (8/11/2015) belum terbendung oleh pelari nasional.

Tercatat dari tujuh atlet yang diturunkan Kenya, semua atlet itu menjadi juara dan menaiki podium, sama seperti perlombaan tahun sebelumnya pelari asal Kenya memang tidak terbendung.

Untuk kategori elit internasional putra, Benard Mwendia Muthoni asal Kenya berada di podium puncak, dengan catatan waktu 31 menit 17 detik, disusul rekannya David Mutai yang juga dari Kenya, dengan catatan waktu 31 menit 44 detik.

Pada posisi ketiga juga ditempati atlet asal Kenya atas nama Collins Kipkokir Kimosop dengan catatan waktu 31 menit 52 detik, serta rekannya Charles Kipkokir Kisang yang masih dari Kenya di posisi empat, dengan catatan waktu 32 menit 23 detik.

Sementara atlet dari Jawa Barat atas nama Sailin harus puas di posisi ke lima dengan catatan waktu 35 menit 27 detik. Ini menunjukan, Sailin merupakan satu-satunya atlet dari Indonesia yang berhasil naik podium.

Tak hanya untuk putra, tapi kategori elit internasional putri, tiga atlet Kenya juga bertengger di podium teratas.

Untuk posisi puncak diraih Peninah Jepkoec Kigen dengan catatan waktu 35 menit 29 detik, disusul Margareth Wangui Njunga diposisi kedua dengan catatan waktu 36 menit 49 detik, dan Issabela Kigen di posisi ketiga dengan catatan waktu 38 menit 12 detik. Ketiga atlet ini berasal dari Kenya.

Sementara di posisi ke empat diaraih oleh Rumini asal Banten dengan catatan waktu 42 menit 18 detik, disusul Eva dari Pariaman di posisi ke lima dengan catatan waktu 43 menit 03 detik, dan Qurratul Farida dari DKI Jakarta di posisi ke enam, dengan catatan waktu 55 menit 10 detik.

Kegiatan Lomba Lari 10K Bukittinggi Wisata Internasional ini diikuti sekitar 15 ribu pelari, baik atlet, pelajar dan masyarakat umum. Lomba ini merupakan lomba yang ke-15 kalinya yang dilaksanakan Pemko Bukittinggi setiap tahunnya.

Selain pelari nasional dan lokal, lomba ini juga diikuti oleh atlet dari tiga negara lainnya, seperti dari Malaysia, Singapura dan Kenya, dengan jumlah total 17 atlet.

Dalam perlombaan ini, ada empat kategori yang diperlombaan pada lomba lari kali ini, diantaranya adalah kategori elit internasional putra dan putri, kategori elit nasional putra dan putri, kategori kelompok umum putra dan putri serta kategori kelompok pelajar putra dan putri, dengan total hadiah ratusan juta Rupiah.

Dibanding lomba yang sama pada tahun sebelumnya, kali ini jumlah peserta mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2014 lalu jumlah peserta hanya sekitar 11 ribu, namun kini meningkat menjadi 15 ribu. Begitu juga dengan jumlah atlet internasional, juga ikut bertambah. Pada tahun 2014 lalu, atlet internasional berjumlah 12 orang, sementara tahun 2015 kini meningkat jadi 17 orang yang hadir di Bukittinggi.(**)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/