Home  /  Berita  /  Umum

Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Limapuluh Kota Gelar Lomba Baca Puisi

Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Limapuluh Kota Gelar Lomba Baca Puisi
ilustrasi
Minggu, 23 Agustus 2015 18:02 WIB
Penulis: .
TANJUNG PATI, GOSUMBAR.COM - Tidak dipungkiri, dekadensi moral yang terjadi di kalangan generasi muda dewasa ini semakin mengkhawatirkan. Berbagai pelanggaran norma-norma sosial yang dilakoni kalangan muda-mudi itu harus menjadi perhatian serius semua pihak.

Demikian dikatakan Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten Administrasi Umum Iryanis SH dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP dan SLTA se-Kabupaten Limapuluh Kota di Gedung Sago Bungsu di Tanjung Pati, Sabtu (222/8).

“Harus diakui, dewasa ini tak jarang kita mendengar tindak kejahatan, tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba dan perbuatan negatif lainnya yang dilakoni generasi muda. Salah satu upaya mengantisipasi degradasi moral dan aklak tersebut, adalah dengan menyalurkan bakat kaum muda ke arah positif, seperti kegiatan lomba baca puisi ini,” ungkap Iryanis.

Karenanya, lanjut Iryanis, lomba puisi yang digelar Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi ini patut diapresiasi. Sebab, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya menyalurkan bakat atau sarana berekspresi, serta mengarahkan generasi muda pada kegiatan positif, sekaligus mengembangkan budaya bangsa.

“Tidak dipungkiri, upaya pembangunan mental dan akhlak di tengah masyarakat selama ini belum terlaksana secara efektif dan harus terus ditingkatkan. Salah satunya dalam bentuk penyaluran bakat, seperti lomba membaca puisi ini,” ujar Iryanis.

Selain itu, lanjutnya, lomba Baca puisi itu juga diharapkan menjadi ajang kreatifitas, serta mempererat tali persaudaraan antar siswa dan melahirkan rasa nasionalisme. Tak kalah pentingnya, agar para siswa di daerah ini mencintai sastra.

“Puisi merupakan salah satu unsur satra yang harus dipelihara dan dikembangkan. Karenanya sarana berekspresi bagi generasi muda itu senantiasa kita lakukan setiap tahun,” tutur Iryanis.(mds)

Sumber:lomba puisi
Kategori:Limapuluh Kota, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/