https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

BPBD Sumbar Ingatkan Warga di 5 Daerah Ini untuk Waspada, karena Rawan Banjir dan Longsor

BPBD Sumbar Ingatkan Warga di 5 Daerah Ini untuk Waspada, karena Rawan Banjir dan Longsor
ilustrasi longsor
Selasa, 10 November 2015 22:55 WIB
Penulis: .
PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat meminta lima kabupaten dan kota yang dipetakan sebagai daerah rawan banjir di provinsi itu untuk mewaspadai curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan.

"Kami sudah petakan, ada lima daerah rawan banjir dan longsor di Sumbar yaitu Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Kota Padang. Kami imbau pemerintah daerah dan masyarakatnya untuk waspada," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Pagar Negara di Padang, Selasa (10/11).

Menurutnya, sikap waspada dapat meminimalisir korban dan kerugian ketika bencana melanda. "Sumbar sudah memasuki musim penghujan. Seiring datangnya musim ini potensi banjir dan tanah longsor sangat tinggi, terutama pada lima daerah yang telah dipetakan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, selain mengimbau, pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan pada lima daerah itu.

Selain daerah yang berpotensi tinggi, menurut Pagar, daerah yang sebelumnya pernah terjadi banjir dan longsor ketika musim hujan juga akan menjadi daerah yang diawasi.

"Potensi pada daerah yang pernah terjadi banjir dan longsor tetap ada, karena itu masyarakatnya harus tetap waspada," ujarnya.

BPBD menurutnya juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota dan relawan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di daerah untuk memperhatikan anomali cuaca saat ini.

Untuk Kota Padang kata Pagar, pengawasan fokus pada daerah Gunung Padang, Sitinjau Laut, Gates, serta kawasan Batu Busuak dan aliran banjir Batang Kuranji.

"Di daerah ini sering terjadi banjir dan longsoran tanah terutama pada musim penghujan. Kita juga telah berkoordinasi dengan pihak Pekerjaan Umum (PU) terkait penyiagaan alat berat di kawasan seperti Sitinjau Laut dan kawasan rawan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, Budi Iman Samiaji mengatakan, hujan hingga lebat melanda hampir di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

"Rata-rata, potensi hujan ringan hingga lebat terjadi pada sore sampai malam hari. Ada juga yang potensi hujannya terjadi pada pagi hingga siang," katanya.

Ia mengatakan, potensi hujan ringan hingga sedang akan terjadi di Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Padangpanjang, Bukittinggi, sebagian Kabupaten Solok, Tanah Datar, Payakumbuh, Agam, dan sebagian Pasaman.

Sementara, potensi hujan sedang hingga lebat akan melanda Pasaman Barat, Agam Tiku, Maninjau, dan Siberut.***

Sumber:republika.co.id
Kategori:Sumatera Barat, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/