Home  /  Berita  /  Pendidikan

Belajar Kembali Normal, Sekolah-sekolah di Padang Siapkan Bungker Perlindungan Asap di Setiap Kelas

Belajar Kembali Normal, Sekolah-sekolah di Padang Siapkan Bungker Perlindungan Asap di Setiap Kelas
ilustrasi
Selasa, 03 November 2015 09:11 WIB
Penulis: .
PADANG - Setelah seminggu libur karena pekatnya kabut asap menyelimuti 18 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, mulai Senin (2/11/2015) pagi kemarin, aktivitas belajar mengajar di seluruh sekolah di Kota Padang kembali berjalan normal. Namun pihak sekolah sudah menyiapkan antisipasi jika bencana kabut asap kembali terulang.

Sejumlah sekolah menggunakan bangker perlindungan asap di setiap kelas dengan menggunakan alat penyaring asap berupa kain kasa dan aquarium. Seperti yang tampak di SD Percobaan Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Sebanyak 300 siswa belajar di kelas yang menggunakan alat penyaring udara bernama bungker perlindungan asap.

Di sekolah ini terdapat 12 kelas yang menggunakan bungker perlindungan asap. Sistem bungker dibuat menggunakap kain penyaring udara, untuk menutupi seluruh ventilasi dan sebagai gantinya dipasang exhaust fan.

Selain itu, pihak sekolah meletakkan aquarium untuk mengubah sisa partikel jerabu --sebutan lain asap-- yang masih ada di kelas menggunakan alga yang ada di alat tersebut. Sementara agar sirkulasi udara terjaga, ditambahkan beberapa kipas angin.

“Sistem bangker perlindungan asap ini sangat membantu aktivitas belajar siswa di kelas, karena siswa tidak lagi menggunakan masker dan sesak,” aku seorang guru di sekolah tersebut, Suci Maharani.

Sistem bungker perlindungan asap ini mulai dijalankan di sejumlah sekolah di Kota Padang, terutama sekolah dasar dan taman kanak-kanak, karena mereka dianggap lebih rentan terserang ISPA.***

Sumber:okezone.com
Kategori:Padang, Pendidikan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/