Home  /  Berita  /  Peristiwa

Awas! Sumbar Masuk Bulan Basah, BMKG Ingatkan Ancaman Banjir dan Longsor

Awas! Sumbar Masuk Bulan Basah, BMKG Ingatkan Ancaman Banjir dan Longsor
Ilustrasi jalan terban akibat longsor
Sabtu, 31 Oktober 2015 10:15 WIB
Penulis: Calva
PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Sumbar segera masuk bulan basah. Artinya, intensitas hujan akan semakin tinggi. Untuk itu, BMKG mengingatkan potensi banjir akan terjadi disertai dengan bahaya tanah longsor di daerah yang rawan banjir dan tanah longsor pada hari-hari mendatang.

Stasiun BMKG GAW Kototabang, Agam merilis peringatan dini banjir dan longsor di Sumbar. Memasuki bulan basah di Sumbar, cuaca ekstrim perlu diwaspadai. Namun demikian, potensi kabut dan asap akan terus berkurang sejalan dengan intensitas hujan yang terus berlangsung.

"Peningkatan peluang hujan, baik intensitas dan jumlahnya perlu menjadi perhatian. Kewaspadaan akan cuaca ekstrim dan dampaknya seperti banjir dan tanah longsor. Terutama untuk daerah-daerah dengan tingkat kerawanan tinggi," sebut Albert, Staf BMKG GAW Kototabang, Sabtu, 31 Oktober 2015.

Sementara itu, peluang hujan cukup tinggi terjadi di kawasan Kepulauan Mentawai dan pesisir Sumbar, seperti Pesisir Selatan, Padang, Pariaman, Agam hingga Pasaman Barat. Sedangkan sore dan malam hari potensi hujan cukup tinggi akan terjadi di daerah lain.

Namun demikian, bagian selatan dan timur Sumbar masih kecil peluang hujan dan akan merasakan dampak kabut asap kiriman dari Jambi dan Sumsel. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/