Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pertanian Payakumbuh Terbaik di Sumatera Barat

Pertanian Payakumbuh Terbaik di Sumatera Barat
Selasa, 18 Agustus 2015 22:42 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
PAYAKUMBUH, GOSUMBAR.COM - Dibidang pertanian, Payakumbuh masih tetap yang terbaik di Sumatera Barat. Dalam lomba-lomba bidang pertanian dan ketahanan pangan sepanjang 2015 ini, kelompok tani (keltan) Payakumbuh sukses merebut 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Dengan lima gelar juara itu, Payakumbuh keluar sebagai juara umum, dan berhak memboyong trofi Gubernur Sumatera Barat.

Gelar juara umum dibidang pertanian itu diumumkan pada upacara penurunan bendera duplikat merah putih, rangkaian peringatan HUT RI Kemerdekaan RI ke-70 Tingkat Sumatera Barat di Padang, Senin (17/8/2015). Piala itu diserahkan Pj. Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek kepada Walikota Payakumbuh diwakili Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Ir. Zulinda Kamal.

Selain piala juara umum, masing-masing keltan peraih juara juga beroleh piagam penghargaan, serta Tabanas total Rp42,5 juta. Tiga gelar juara pertama yang diukir petani Payakumbuh, adalah Keltan Bakuang Jaya Kelurahan Kotopanjang Dalam, Kecamatan Latina, dalam lomba lomba Intensifikasi Tanaman Pangan.

Kemudian, dalam Lomba Tanaman Hortikurtura Komoditas Sayuran (THKS), yang direbut Keltan Tanah Tambago Kelurahan Taratak Padang Kampuang, Payakumbuh Utara. Berikutnya, dalam Lomba Sub. Terminal Agrobinis yang diraih STA Koba Jaya Payobasung, Payakumbuh Timur.

Sedangkan, sebuah gelar juara kedua direbut Keltan Sawah Talang Kelurahan Napar, Payakumbuh Barat, dalam lomba bidang perkebunan dan kehutanan. Sementara itu, dalam lomba LKMA (Lembaga Keuangan Migro Agrobinis), Payakumbuh harus puas di urutan ketiga yang diraih LKMA Sicincin, Payakumbuh Timur. Peraih gelar juara pertama beroleh Tabanas Rp10 juta, juara kedua Rp7,5 juta dan pemenang ketiga mendapat Rp5 juta.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh Zulinda Kamal didampingi stafnya Asfrimas, melaporkan, Selasa (18/8), khusus untuk Keltan Bakuang Jaya Latina, akan mewakili Sumatera Barat ke lomba Intensifikasi Tanaman Pangan tingkat Nasional 2015. Rencananya, tim penilai pusat akan melakukan verifikasi ke Bakuang Jaya, sekitar September mendatang. ''Kita sudah siapkan anggota Keltan Bakuang Jaya menghadapi lomba ini. Mudah-mudahan gelar juara nasional milik Payakumbuh,'' sebutnya. (mds)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/