Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Payakumbuh Terima Lagi Penghargaan Kota Sehat

Payakumbuh Terima Lagi Penghargaan Kota Sehat
Riza Falefi, Walikota Payakumbuh
Jum'at, 27 November 2015 11:45 WIB
Penulis: Trinanda
PAYAKUMBUH-Kota Payakumbuh kembali meraih penghargaan Kota Sehat Wistara 2015. Hanya berselang empat hari, setelah menerima Piala Adipura, kota berpenduduk sekitar 130 ribu jiwa itu, merebut penghargaan tertinggi dalam klasifikasi Kota Sehat itu (Wistara).

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi didampingi Kadis Kesehatan Elzadaswarman, SKM, MPPM, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, Kamis (26/11), penghargaan Kota Sehat dalam bentuk Piala itu akan diterima walikota dari Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Kesehatan Nila Moelok di Hotel Bidakara Jakarta, Jum’at (27/11) malam.

“Kita baru saja menerima undangannya,” ucap walikota.

Penghargaan Kota Sehat buat kota dan kabupaten di Indonesia, dikatakan, terbagi tiga kategori, yaitu tingkat Pemantapan (Padepa), tingkat Pembinaan (Wiwerda) dan terakhir tingkat Pengembangan (Wistara). “Alhamdulillah, Payakumbuh memperoleh kategori Wistara, paling bergengsi dari tiga klasifikasi ersebut,” sebut walikota.

Menurut Kadis Kesehatan Elzadaswarman, Payakumbuh sudah dua kali menerima Penghargaan Kota Sehat Wistara itu. Sementara itu, dua kategori lainnya, juga sudah dipetik Payakumbuh. Totalnya, Payakumbuh sudah empat kali memperoleh penghargaan Kota Sehat ini, sejak 2006.

Menciptakan Kota Sehat, katanya, memerlukan komitmen seluruh masyarakat, bukan hanya kemauan keras jajaran Dinas Kesehatan saja. Banyak faktor yang harus dipenuhi, seperti dalam penataan, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Di antara tatanan tersebut, Payakumbuh sudah melakukan kegiatan dimaksud. Lahirnya Perda Kawasan Tanpa Rokok, bagian dari menciptakan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Dan itu, ditandai dengan diperolehnya gelar Adipura, Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dan Pasar Sehat oleh Payakumbuh dalam sepuluh tahun terakhir.

“Kita sangat berterimakasih kepada masyarakat dan seluruh ormas pendukung lainnya, serta kepada Forum Kota Sehat, Pokja Kota Sehat dan jajaran Dinkes lainnya. Dan gelar Kota Sehat ini, kita persembahkan kepada seluruh warga kota dan stakeholder pendukung itu,” ucap walikota. **

Sumber:humasko-pyk
Kategori:Payakumbuh, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/