Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Payakumbuh Datangkan Pengrajin Nasional untuk Tingkatkan Kualitas Lokal

Payakumbuh Datangkan Pengrajin Nasional untuk Tingkatkan Kualitas Lokal
Rabu, 19 Agustus 2015 18:44 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
PAYAKUMBUH, GOSUMBAR.COM - Kemampuan dan kreatifitas pengrajin Payakumuh terus ditingkatkan Dekranasda bersama Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan  kota ini. Mengambil tempat di Pondok Promosi Industri di Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, kedua lembaga pembina pengrajin itu, menggelar acara pelatihan selama 15 hari ke depan.

Pelatihan yang diusung, pertama peningkatan kemampuan pengrajin tenun yang memakai alat tenun bukan mesin (ATBM). Latihan ini, diikuti 10 peserta berasal dari 3 kelompok pengrajin tenun di Kelurahan Balai Panjang, Payakumbuh Selatan. Kegiatan ini berjalan dari tanggal 19 Agustus sampai 2 September 2015.

Pelatihan kedua, seperti dilaporkan Kadis Koperasi UMKM Industri Perdagangan Dahler, SH adalah pelatihan kerajinan berbahan baku kelapa, diikuti 15 peserta. Kegiatan ini hanya berlangsung selama 5 hari, hingga 24 Agustus nanti. Pesertanya berasal dari pengrajin dari Kelurahan Padang Karambia, Payakumbuh Selatan.

Pembukaan kedua pelatihan tersebut dilakukan Ketua Dekranasda Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi, ditandai dengan pemasangan atribut tanda peserta. Saat pembukaan, hadir Kadis Koperasi Industri Perdagangan Dahler, pengurus Dekranasda dan sejumlah pejabat dari SKPD terkait.

Selama pelatihan, selain pematerinya dari SKPD terkait, juga didatangkan dari perusahaan ternama di Yokyakarta. Mereka adalah Jadin C Djamaludin dan Sunardi dari Jadin Craft & Textiles Jogjakarta, ahli dibidang tenun. Kemudian, Wayan Sukadana dan Pande Andarawata dari Pandikar Studio Original Coco Art, juga dari Yogyakarta, ahli dibidang anyaman buah kelapa.

Empat pemateri berkelas nasional ini, diharapkan Ketua Dekranasda Ny. Henny Riza Falepi, akan mempu mendorong pengrajin Payakumbuh untuk meningkatkan mutu hasil kerajinannya. Sehingga produksi yang dihasilkan mampu bersaing di tingkat nasional dan dua internasional.

Dikatakan, kehadiran pemateri dari Yokyakarta itu, peluang yang sangat berharga sekali bagi pengrajin kota ini, untuk menjalin network ke depan. Dekranasda sangat mengharga Dinas Koperasi Industri Perdagangan yang mampu memboyong tenaga pelatih terkenal ke kota ini. Namun, peluang ini harus disambut positif oleh peserta serta pengrajin lainnya, agar produksi pengrajin Payakumbuh mampu menembus pasar nasional, simpulnya. (mds)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/