Home  /  Berita  /  Politik

Hasil Pilkada di Sumbar Penuh Kejutan, Banyak Petahana yang Kalah

Hasil Pilkada di Sumbar Penuh Kejutan, Banyak Petahana yang Kalah
Warga memberikan suara di sebuah TPS di Padang.
Rabu, 09 Desember 2015 20:45 WIB
Penulis: Marjeni Rokcalva
PADANG - Pelaksanaan pencoblosan di bilik suara dalam Pilkada serentak di Sumbar sudah selesai tadi siang. Dan bahkan sore menjelang malam, kalau tak ada masalah perhitungan di tingkat TPS juga sudah selesai. Menariknya, hasil hitung cepat, menghasilkan banyak kejutan yang terjadi di beberapa daerah, bahkan incumbent alias petahana dikabarkan kalah.

Bahkan hasil yang mengejutkan dalam hitungan cepat sementara, pasangan perseorangan mengalahkan petahana di Pilkada Kota Bukittinggi. Pasangan Ramlan - Irwandi, unggul dari Ismed Amzis. Tak hanya itu, kejutan dikabarkan juga terjadi di Kabupaten Dharmasraya dengan menangnya calon muda Sutan Riska yang berusia 27 tahun. Bahkan ini disebut sebagai lahirnya bupati termuda di Sumatera Barat.

Informasi dari Kabupaten Sijunjung, juga dikabarkan ada kejutan, dimana calon petahana Yuswir dikabarkan juga kalah dari lawannya. Slain itu, informasi yang dikumpulkan, masih terjadi pertarungan sengit antara petahana di Solok Selatan dengan lawannya, Khairunas. Pertarungan sengit dikabarkan terjadi di Kabupaten Agam anatar Iwan Fikri dengan Indra Catri.

Informasi dari Kabupaten Pesisir Selatan juga ada kejutan. Calon Petahana Edityawarman (mantan wakil bupati)-Bakri Bakar dikabarkan tertinggal jauh dari Hendra Joni-Rysma Yul Anwar. "Hitung dari TPS-TPS yang berhasil dipantau, Hendra Joni-Rusma Yul Anwar unggul dari ketiga pasangan yang lain," kata seorang relawan.

Di Pesisir Selatan sendiri ada empat pasangan calon yang maju dalam Pilkada, yakni pasangan Hendrajoni-Rusma Yul Anwar, Editiawarman-Bakri Bakar, Alirman Sori-Raswin dan pasangan Burhanuddin-Novril Anas.

Terlepas dari kondisi ini, yang menarik yakni pemandangan berbeda terlihat di posko pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Kota Padang. Pantauan GoSumbar pasca hitungan cepat dilansir berbagai media, Posko IP-NA di Jalan Musi, masih ramai dikungjungan tim sukses maupun simpatisannya. Sedangkan pemandangan kontras terlihat di Posko MK-FB di komplek GOR H Agus Salim, yang dilaporkan sepi saja. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77