Home  /  Berita  /  Umum

Kadisparpora: Kunjungan Wisatawan Belum Naik Signifikan

Kadisparpora: Kunjungan Wisatawan Belum Naik Signifikan
Asisten II Setdako H.Amriul pimpin rapat FPED Payakumbuh
Rabu, 02 Desember 2015 00:12 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH - Kunjungan wisatawan ke Payakumbuh masih belum naik signifikan. Sepanjang 2014, tercatat 111.648 wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Di antaranya 108 wisatawan mancanegara, dan 111.540 wisatawan nusantara. Dibanding kunjungan 2013 yang berjumlah 105.870 orang, terjadi kenaikan sebanyak 5.778 wisatawan (5,18%). Namun, kenaikan itu belum memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan kota dan kesejahteraan masyarakat

Demikian disampaikan Kepala Disparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi didampingi Kabid Kendali Program Budhy D Permana, dalam acara rapat Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) yang digelar Bagian Perekonomian Setdako Payakumbuh, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (30/11).

Rapat dipimpin langsung Asisten II Setdako H. Amriul. Pertemuan FPED itu, menurut Amriul dan Kabag Perekonomian Julpiter, untuk memberikan masukan kepada Disparpora, dalam rangka pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di kota setempat. Seluruh anggota FPED, seperti SKPD terkait dan stakeholder lainnya, seperti Kadin, Gapensi, Ikatan Pedagang Pasar, Hipmi, ikut hadir memberikan masukan buat pengembangan pariwisata ke depan.

Kadisparpora Syahnadel mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisata. Di antaranya, melakukan promosi wisata, membangun berbagai fasilitas di objek wisata, seperti di Taman Wisata Ngalau Indah dan Panorama Ampangan serta di Medan nan Bapaneh.

Namun, karena keterbatasan dana daerah, membuat fasilitas yang dibangun belum maksimal. Usaha lainnya, mengajak pemilik modal membangun hotel berbintang dan objek wisata baru di kota ini. Namun, usaha yang telah dilakukan sejak lama itu, hingga sekarang belum terwujud. Pembangunan menunjang wisata di Payakumbuh, baru dilakukan pengusaha daerah yang relatif kecil modalnya.

Menurut Kadisparpora Syahnadel, pihaknya banyak menerima masukan untuk pengembangan pariwisata dan industri kreatif ke depan. Seluruh anggota FPED, dikatakan sangat peduli untuk memajukan dunia pariwisata kota ini. Seluruh rekomendasi itu, akan dilaksanakan, sesuai dengan rencana dan program Disparpora sendiri, simpulnya. ***

Kategori:Payakumbuh, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/