Home  /  Berita  /  Umum

Kata Pj Gubernur Sumbar, Sekarang Minang Sudah Berhasil 'Menjajah' New York

Kata Pj Gubernur Sumbar, Sekarang Minang Sudah Berhasil Menjajah New York
Reydonnyzar Moenek
Kamis, 03 September 2015 20:34 WIB
Penulis: .
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Pejabat Gubenur Sumatera Barat (Sumbar) Reydonnyzar Moenek berambisi untuk mengangkat budaya Minang ke tingkat internasional. Karena itu ia akanmenggandeng para tokoh publik dan para artis asal Minang sebagai dutu budaya.


Dalam kunjungannya ke Jakarta, Gubernur Reydonnyzar datang ke sebuah acara pagelaran busana muslim di Jakarta. Reydonnyzar mendatangi peserta dari Minang yang ikut serta.


"Silungkang (songket khas Sumatera Barat) nanti mampu berkompetisi. Saat ini, Padang sejatinya sudah ‘menjajah’ New York, karena di sana misalnya, ada sejumlah masakan Padang," kata Reydonnyzar Moenek saat ditemui awak media, di Ball room Sasono Mulyo II, Hotel Le Meridien, Jalan Jenderal Sudirman, kav 18-20, Jakarta, Rabu (2/9).


Untuk mendongkrak pakaian khas Minang misalnya, Reydonnyzar mendaulat beberapa nama besar, terutama para tokoh publik dan artis-artis keturunan Minang yang sudah berkiprah luas sebagai duta Minang. 


"Sudah pasti saya akan mengangkat budaya Minang, walau saya relatif masih baru ya (sebagai Gubernur). Seluruh elemen akan kita rangkul, termasuk artis-artis Minang," kata Reydonnyzar.


"Kami juga kemarin bertemu dengan budayawan Minang, kita memberikan apresiasi pada budayawan Minang, dan kesusastraan Minang," papar Reydonnyzar yang sebelumnya menjabat Dirjen Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri ini.


Menurut Pj Gubernur yang baru diangkat pada bulan Agustus lalu ini, menggandeng publik figur penting sebagai duta, selain dapat mengangkat budaya Minang, juga dapat mengingatkan para publik figur itu pada kampung halaman setelah berkiprah di luar tanah Minang, sebagai timbal balik.


"Saya ingin punya legacy, saya merasa putra Minang. Meski ada di rantau lama, masa saya melupakan tanah kelahiran," katanya. ***  

Sumber:merahputih.com
Kategori:Umum, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/