Home > Berita > Umum

Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran untuk Pugar Rumah Kelahiran Tan Malaka

Rabu, 19 Agustus 2015 18:11 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
pemprov-sumbar-alokasikan-anggaran-untuk-pugar-rumah-kelahiran-tan-malakaTan Malaka
PADANG, GOSUMBAR.COM - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengalokasikan anggaran untuk pemugaran sejumlah rumah pahlawan asal daerah itu.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek mengatakan, banyak pahlawan asal Sumbar yang berjasa untuk Republik Indonesia namun belum terperhatikan dengan baik.

"Prinsipnya (pemugaran) dibiayai APBN dan dimungkinkan untuk dibiayai melalui APBD provinsi atau kabupaten/kota," katanya, Selasa (18/8/2015).

Dia mengatakan akan mengkomunikasikan dengan pemerintah daerah kabupaten/kota dan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) untuk mengalokasikan anggaran bagi pemugaran rumah kelahiran pahlawan nasional.

Menurutnya, pahlawan asal Sumbar memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan RI, seperti Muhammad Hatta, Tan Malaka, dan Sutan Syahrir. Namun, perhatian maksimal terhadap peninggalan para tokoh tersebut cenderung diabaikan.Kami mendorong bagaimana tokoh seperti Tan Malaka mendapatkan porsi yang baik di mata masyarakat Minang dan dunia.

"Pemikiran beliau sangat mendunia," ujarnya.

Sekretaris Daerah Pemprov Sumbar Ali Asmar menyebut, pemugaran rumah pahlawan juga menjadi usulan dalam kegiatan kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 23 Agustus mendatang. Artinya bagaiamana membesarkan tokoh-tokoh pejuang yang berasal dari Sumbar, sehingga menjadi pelajaran bagi generasi mendatang, katanya. ***

Sumber:bisnis.com
Kategori:Umum, Sumatera Barat

wwwwww